Family enjoyment of mothers with children and pets.

Membeli hewan peliharaan bukan berarti membeli sebuah mainan baru, melainkan menambahkan anggota baru ke dalam keluarga. Layaknya seorang anggota keluarga, merawat hewan peliharaan bukan hanya sekedar memberi mereka makan dan minum, namun menjaga mereka agar hidup dengan senang dan nyaman. Berikut adalah beberapa tips menjaga hewan peliharaan anda :

  1. Pastikan anggota keluarga baru anda mendapatkan makanan yang tepat dan sesuai dengan nutrisi yang mereka butuhkan. Belilah makanan hewan yang diciptakan khusus untuk mereka; bukan hanya untuk membuat mereka senang, tetapi makanan yang tepat akan membuat bulu mereka tampak bersinar, dan akan memberikan mereka energi yang tepa. Jangan sesekali memberi mereka makanan manusia. Hal ini karena kandungan nutrisi dan mineral yang terkandung jelas jauh berbeda dan bisa berakibat buruk bagi hewan anda.
  2. JIka anda memiliki hewan yang bisa diajak berjalan-jalan santai; seperti anjing atau kucing, ajaklah mereka. Hal ini akan menjaga kesehatan hewan anda sekaligus kesehatan anda. Selain itu, hal ini akan membuat anda dan hewan kesayangan semakin dekat dan akrab.
  3. Mandikan hewan peliharaan anda minimal satu kali dalam semnggu. Tersedia berbagai jenis shampoo untuk satu jenis hewan. Pilihlah yang paling sesuai dengan keadaan hewan anda. Syarat utama dalam memandikan hewan adalah tangan yang lembut. Jika anda merasa tidak bisa memandikannya sendiri, jangan pelit untuk membawa mereka ke salon hewan.
  4. Jika anda memiliki hewan peliharaan yang sering anda peluk atau gendong, pastikan anda memotong kuku mereka setiap dua bulan sekali. Selain untuk melindungi diri anda dari cakaran, memotong kuku hewan juga akan menjaga kesehatan kaki mereka, karena kuku yang terlalu panjang lama-kelamaan akan melengkung masuk ke dalam kulit mereka dan menimbulkan bahaya yang luar biasa.
  5. Sama seperti anda yang wajib memeriksakan diri untuk regular check-ups, lakukanlah hal yang sama pada hewan anda. Rutinlah membawa mereka ke dokter hewan untuk memastikan kesehatannya.
  6. Hal terpenting dari menjaga hewan peliharaan adalah luangkan waktu anda bersama mereka. Buat mereka tahu bahwa anda menyayangi mereka, maka mereka akan menyayangi anda juga.

Itulah beberapa tips menjaga hewan peliharaan anda. Jika anda tidak bisa memperlalukan mereka seperti keluarga anda sendiri, lebih baik anda jangan memilih untuk memelihara mereka.

 

Artikel oleh Floura Prawira Lesmana