cara hilangkan ketombe
Ketombe merupakan pengelupasan kulit kepala dalam jumlah yang berlebihan yang dapat menyebabkan kepala menjadi gatal dan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Beberapa hal yang bisa menyebabkan ketombe yaitu : Jarang keramas, kurang bersih saat keramas dan juga salah menggunakan produk rambut.

Berikut merupakan beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe :

1. Garam

Selain menjadi penyedap makanan, ternyata garam dapat membantu menghilangkan ketombe. Cukup taburkan garam di kepala anda sebelum keramas dan pijat perlahan-lahan.Tunggu kira-kira selama 10 menit. Setelah itu bersihkan rambut anda dengan menggunakan sampo.

2. Lidah Buaya – Aloe Vera

Lidah buaya sudah terbukti berfungsi untuk menyehatkan kulit kepala. Caranya ambil sebuah lidah buaya berukuran sedang, haluskan lalu kemudian ambil lendirnya dan oleskan ke kulit kepala dan diamkan hingga 15 menit sebelum dibilas.

3. Jeruk Nipis

Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipis ternyata membantu menghilangkan ketombe. Ambil 1-2 buah jeruk nipis lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat perlahan-lahan. Tunggu kurang lebih 20 menit dan bilas hingga bersih.

4. Cuka

Cuka mengandung Potasium dan Enzim yang membantu menghilangkan ketombe dan rasa gatal pada kulit kepala. Campurkan secangkir cuka dengan secangkir air dan oleskan ke kulit kepala setelah keramas. Diamkan beberapa saat dan bilas kepala dengan air bersih.

5. Kangkung

Rebus seikat kangkung dengan 2 gelas air dan tunggu hingga tersisa setengah. Saring air bekas rebusan dan dinginkan. Remas-remas kangkung yang sudah direbus tadi dan gunakan sarinya untuk dioleskan ke kulit kepala dan tunggu kira-kira 30 menit. Lalu bilas kepala menggunakan air saringan yang sudah didinginkan dan bersihkan menggunakan air bersih.

Demikian beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe. Lakukan secara rutin dan rasakan hasilnya.

 

Artikel oleh Sherly