fakta anak kembar
1. Mempunyai kesamaan  

Biasanya anak kembar mempunyai selera 90% sama. Dalam hobby, pendidikan, maupun selera pacar idaman. Saudara kembar sering mendapatkan hal hal yang sama. Misalkan hobby saudara kembar bermain alat music maka kembarannya pun juga mengikuti bermain alat music tetapi beda alat musiknya. Mendapatkan nilai yang sama saat ulangan sering sekali terjadi walaupun beda ruangan. Sering sekali menyanyi tanpa kesengajaan dengan lagu yang sama dan juga sering menggerakan badan secara bersamaan dengan sama.

2. Serupa tapi tak sama

Kalau diperhatikan dengan seksama, ternyata ada perbedaan anak kembar yang satu dengan yang lainnya. Misalnya si A mempunyai pipi yang lebih chubby sedangkan si B pipinya lebih tirus. Biasanya, mereka juga punya bentuk badan yang berbeda tuh, walau nggak beda banget. Yang satu rambutnya gemukan, yang satu lagi lebih kurus.

3. Punya Bahasa ‘Khusus’

Pernah lihat bayi kembar yang bahkan mereka belum bisa ngomong bahasa ibu, tapi terlihat asyik ngobrol dengan saudara kembarnya? Bahasa tersebut disebut autonomous languages.

4. Selalu bersama

Saudara kembar sulit sekali untuk dipisah, karena ketika mereka berpisah rasa kangen selalu muncul setiap saat. Begitu juga dengan hal hubungan. Ketika kembaran yang satu sudah mendapatkan pasangan kembarannya yang satu lagi akan ikut kembaranya tersebut dan pacarnya tersebut, kemanapun.

5. Interaksi sebelum dilahirkan

Pada minggu ke14 kehamilan, si kembar mencoba untuk saling menjangkau satu sama lain. Lalu di minggu ke18, mereka udah sering berinteraksi saudara kembar yang lain. Hal ini yang biasanya membuat anak kembar agak susah untuk dipisahkan. Biasanya mereka saling gelisah kalau berada ditempat yang berbeda dan akhirnya jadi saling cari.

6. Insting kuat

Jika saudara kembarnya sedang sedih, kembarannya tetap bisa merasakan meski jarak terpisahkan. Anak kembar biasanya tidak perlu berbicara secara lisan. Cukup bicara dengan batin saja mereka sudah bisa berinteraksi.

7. Mana kakak, mana adik?

Mitos lokal yang mengatakan, bayi kembar yang lahir (keluar dari rahim) lebih dulu adalah adiknya, bukan kakak. Alasannya, karena si kakak “membantu” adiknya untuk keluar. Padahal, dunia kedokteran sepakat menyatakan, bayi yang lahir lebih dulu (berdasarkan tanggal dan waktu) adalah kakak, berikutnya baru adik.

8. anak kembar sakit, saudara kembarnya pasti sakit juga

Inti dari mitos ini adalah anak kembar mempunyai kemampuan telepati. Contoh lainnya adalah jika yang satu tidak bisa menyelesaikan perkataannya, yang lainnya akan mampu membaca pikiran kembarannya dan menyelesaikan perkataannya. Ini terjadi karena anak kembar memiliki “bahasa kode” yang tidak dimengerti orang luar selain mereka sendiri atau idioglossia. Kemampuan ini timbul karena kedekatan emosional mereka sudah dimulai sejak sembilan bulan berada di rahim yang sama, yang begitu lahir dan tumbuh pun mereka selalu bersama.

9. Sering ketukar     

Ini yang sering terjadi dimana pun. Orang tua, sahabat, bahkan dosen sering sekali ketukar memanggil nama. Mereka harus liat jelas perbedaan saudara tersebut baru mereka bisa membedakan dan memanggil nama dengan benar

10. Anak kembar mampu membaca pikiran saudara kembarnya       

Anak yang terlahir kembar dengan 1 plasenta akan mampu merasakan apa yang sedang dirasakan saudara kembarnya ketika mereka tinggal berjauhan, atau yang sering disebut dengan telepati.

 

Artikel oleh Astira Intan V.