Saat liburan telah tiba, dan pastinya banyak diantara Anda sudah menyusun jadwal bepergian bersama keluarga. Bagi Anda yang
masih hidup sendiri mungkin tidak terlalu repot dalam kegiatan berkemas, mengemas barang – barang keperluan selama Anda berlibur.

Tetapi bagaimana denga Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak kecil dirumah. Bukankah acara mengemas barang-barang tersebut menyulitkan dan membingungkan Anda, karena adanya anak-anak tersebut?

Bagi setiap orang tua pasti akan setuju jika urusan berkemas dilakukan oleh diri sendiri dikarenakan lebih mudah dan lebih cepat, daripada menyuruh anak-anak Anda melakukannya. Tetapi bukankah menjadi sesuatu kebanggaan melihat tumbuh kembang anak Anda  menjadi lebih mandiri, rapih, terorganiser dan melihat mereka anak-anak Anda tumbuh dengan kualitas seperti ini?

ajarkan anak mengemas koper

Bagaimana cara kita melakukannya?

Berkemas lebih awal

Coba perhatikan kembali jadwal perjalanan Anda dan coba pikirkan akan berama lama Anda untuk mengajarkan anak – anak Anda bagaimana mengemas kebutuhannya untuk berlibur, mengingat langkah mereka dalam melakukan sesuatu. Tentukan waktu ketika Anda harus memulai mengajarkannya.

Anda sebagai contohnya

Cara termudah untuk belajar adalah dengan contoh. Jadi biarkan anak-anak Anda membantu Anda mengemas tas Anda. Biarkan mereka memahami cara Anda dalam perencanaan dan pengeorganisasian kebutuhan Anda. Terkadang dengan mengajukan pertanyaan dapat membantu dan memudahkan anak dalam mengerti tujuan Anda, misalnya tanyakan kepada anak Anda “apa yang harus dipakai jika kamu ingin pergi ke pantai?”. Anak-anak pasti akan dapat mengetahui dengan mudah jawabannya. Selain itu, ajarkan mereka tentang daftar cek barang-barang apa saja yang dibutuhkan untuk dibawa ketika berlibur, sehingga mereka bisa latihan melakukannya sendiri tanpa bantuan Anda.

Ajak untuk mengisi koper

Orangtua tahu bagaimana banyaknya daftar kebutuhan untuk berlibur ketika bepergian dengan anak-anak dan bagaimana merepotkannya item keperluan tersebut untuk dibawa saat bepergian. Caranya mudah saja, cobalah berbagi beban dengan anak-anak Anda. Cari ransel yang lucu, yang mungkin disukai anak Anda untuk membawa kebutuhan miliknya sendiri dan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang mereka, yang bisa mereka bawa masuk kedalam kabin, seperti mainan, buku gambar dan pensil dan lainnya. Dengan cara ini Anda memberikan kebebasan, keleluasaan antara mereka dengan barang-barang mereka, Dan dengan begitu Anda sudah mengajarkan mereka tentang tanggung jawab.

Pengawasan selama berkemas

Supaya anak-anak Anda terlatih dan terbiasa, membantu dan membimbing mereka dalam berkemas. Serta dengan sabar mengajarkan mereka dan tidak mengambil alih tugas tersebut. Pada saat mengemas keperluan untuk pergi berlibur, akan lebih mudah anak – anak tersebut melakukannya dengan bimbingan, yang diberikan melalui beberapa  pertanyaan, seperti,”Kita akan berlibur ketempat yang dingin dan berangin. Apa pakain yang kamu perlu untuk membuat kamu tetap hangat? Kita akan tinggal lima hari lamanya, berapa banyak celana yang kamu butuhkan selama perjalanan libur nanti?”. Berikan anak Anda kebebasan dan kemandirian. Yang tidak boleh lupa, adalah cek ulang pekerjaan mereka, jangan sampai anak – anak melewatkan sesuatu yang penting harus dibawa saat berlibur.

 

Artikel oleh Evi Frisnawaty Aruan