Memperhatikan asupan nutrisi pada  anak Anda, salah satunya dengan mengkonsumsi susu menjadikan nutrisi utama dalam masa pertumbuhan anak-anak. Dimulai pada awal pertumbuhan dengan mengkonsumsi air susu ibu (ASI). Karena mengandung nilai gizi yang sempurna untuk pertumbuhan bayi Anda sehingga sangat penting disarankan untuk di konsumsi hingga usia minimal 6 bulan dari kelahiranya, sampai pada usia anak ada kurang lebih berumur hingga 2 tahun yang di barengi dengan MPASI (Makanan Pendamping ASI). Dengan dilanjuti pemberian susu formula anak setiap hari untuk pertumbuhan buah hati Anda. Cukupilah kebutuhan vitamin D untuk mereka. Agar perkembangan tubuh dan otak mereka lebih sempurna.

sufor

Mengkonsumsi susu mengandung vitamin D untuk anak Anda maka dapat membantu dalam penyerapan kalsium dalam perkembangan tulang dan tubuh anak Anda. Selain itu vitamin D sangat berperan dalam menceggah terjadinya gangguan pernapasan, kardiovaskular dan juga gangguan kekebalan tubuh anak. Susu berpengaruh untuk tulang tubuh bayi karena zat besi dapat memberikannya pertumbuhan yang baik. Vitamin D bisa didapatkan dari sinar matahari di pagi hari akan tetapi tambahan mengkonsumsi susu pada anak Anda dapat akan membantu perkembangnya secara optimal.

Sebagian besar anak-anak memang lebih suka untuk mengkonsumsi susu ketimbang menu makanan sehari-harinya padahal kelebihan mengkonsumsi susu tidak disarankan apalagi bila dibarengi dengan asupan makanan yang mengandung zat besi. Selain dapat memabangun tulang ternyata vitamin D yang berlebihan akan dapat mengurangi kadar zat besi di dalam tubuh anak dan banyak manfaat lainya. Dari penelitian disimpulkan bahwa sampel darah dari anak-anak yang terlalu banyak mengkonsumsi susu setiap hari akan meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi kadar zat besi dalam tubuh. Manfaat Dari Vitamin D :

Susu dapat Menghancurkan Bakteri dan Virus Dalam Tubuh

Yaitu vitamin D sebagai sistem imun tubuh juga sebagai penghancur bakteri dan virus dalam tubuh. Namun secara spesifik, vitamin D ini dapat menghancurkan beragam virus seperti virus influenza.

Kanker Kolon dan Kanker Prostat

Ternyata manfaat vitamin D ini sangat banyak. Mencegah kanker? Tentu bisa juga loh. Jika Anda mau mengkonsumsinya, maka Anda akan terhindar dari penyakit kanker seperti kanker kolon dan kanker prostat. Telah diteliti bahwa mengkonsumsi vitamin D dapat menghambat penggAndaan sel kanker. Semakin banyak dan tinggi vitamin D dalam darah yaitu sekitar 25-hidroksi vitamin D maka semakin rendah terjadinya kanker kolon.

Susu dapat Mengurangi Resiko Diabetes Tipe 1 untuk Anak-anak

Diabetes tipe 1 atau diabetes mellitus pada anak ini sering terjadi. Terkadang diikutinya dengan adanya penyakit yang diderita oleh anak yaitu asma. Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan konsumsi vitamin D yang tepat pada anak. Konsumsi vitamin D3 sekitar 1000 UI per hari dapat mencegah terkenanya diabetes mellitus pada anak. Hal ini pun bisa Anda lakukan sembari memberi makan pada anak tentu juga mengajaknya bermain di luar rumah terkena paparan sinar matahari antara 10-30 menit setiap harinya.

Mencegah Penyakit Kanker Usus Besar

Sebelumnya apa itu kanker usus besar? Kanker usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaan usus besar atau rektum. Kebanyakan kanker usus besar berawal dari pertumbuhan sel yang tidak ganas atau adenoma, yang dalam stadium awal membentuk polip (sel yang tumbuh sangat cepat). Untuk itu disegerakan mengkonsumsi vitamin D saat gejala  pada orang yang terkena kanker ini muncul. Gejalanya biasanya adanya pendarahan pada usus besar sehingga saat feses keluar dari tubuh disertai oleh darah.

Susu dapat Menghindarkan dari Gangguan Infeksi Pernafasan

Kekurangan vitamin D sendiri dapat menyebabkan infeksi pernafasan. Terutama pada bayi. Sehingga untuk mencegah infeksi saluran pernafasan ini pada bayi, setidaknya bayi yang baru lahir dijemur di bawah terik matahari pagi 15 menit untuk memproduksi vitamin D nya sendiri. Sehingga mengkonsumsi vitamin D ini perlu setiap hari setidaknya 200-400 mg agar terhindar infeksi saluran pernafasan, asma, dan penyakit lain yang bisa timbul akibat kekurangan vitamin D.

Anda tidak perlu cemas selama anak Anda hanya mengkonsumsi susu setiap hari kebutuhan ini masih dapat menyeimbangkan vitamin D dan juga zat besi setiap harinya. Dan dapat memperkembangkan kecerdasan otak mereka. Manfaat dan fungsi vitamin D ternyata banyak ya. Semoga bermanfaat untuk kita dan buah hati kita.

 

Artikel oleh Teguh Setiawan