KARIER..?

Apa sih sebenarnya karir ini..?

Pentingkah?

Bagaimana?

Mungkin ini menjadi beberapa pertanyaan dari anda kepada teman-teman anda mengenai “karier”. Karir merupakan rangkaian pengembangan dari pengalaman kerja Anda dari waktu ke waktu.

Dalam definisi tersebut karir melibatkan pengalaman kerja individu. Pengalaman kerja individu merupakan proses belajar bagi Anda untuk bisa lebih berkembang. Sehingga, Anda bisa lebih mengetahui bagaimana proses-proses yang bisa membantu pengembangan diri.

Definisi di atas mengungkapkan bahwa perkembangan karir itu sendiri berjalan dari waktu ke waktu bukan pada satu waktu. Akan
tetapi dalam hal waktu nindy ingin menambahkan bahwa dari waktu ke waktu seharusnya tidak konstan berada pada satu kondisi akan tetapi perlu adanya perubahan dan pergerakan berbeda. Maka dari itu, jika Anda ingi tetap konstan dan selalu merasa nyaman dengan apa yang Anda sedang kerjakan saat ini maka hal itu akan menghambat Anda untuk belajar dan berkembang.

Proses berkembang itu sendiri mengikuti perkembangan apa yang sedang terjadi dan terkini serta Anda turut terlibat di dalamnya agar bisa terus maju.
Untuk itu, diperlukan adanya perencanaan karier agar Anda bias mencapai puncak kesuksesan dalam berkarier. Merencanakan karier bukanlah hal yag sulit. Yang terpenting

Anda mengetahui apa yang menjadi tujuannya. Berfokus pada tujuan tersebut serta melakukan kiat-kiat jitu untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Tidak ada kata terlalu cepat ataupun terlalu telat untuk memulai perencanaan karir. Berikut 10 tips untuk membantu Anda merencanakan karier yang sukses.

1. Buat Perencanaan

Jadikan perencanaan tersebut sebagai agenda rutin setiap tahunnya. Seperti berlibur ke luar negeri, pesta akhir tahun di Maldives yang menjadi agenda rutin Anda setiap tahunnya.Cobalah untuk melakukan agenda yang sama soal karier yang ingin Anda capai. Sediakan setidaknya satu hari dalam setahun, untuk memfokuskan harapan Anda soal karier di masa depan nanti. Usahakan agar satu hari tersebut Anda bebas dari segala gangguan sehingga Anda dapat benar-benar fokus dan berpikir, apa yang ingin Anda capai dan apa yang ingin Anda lepaskan. Dengan cara ini Anda akan menjadi lebih terarah dan siap menghadapi kesulitan yang akan Anda temui dalam perjalanan menuju puncak karier Anda.

2. Program Jalurnya

Salah satu hal penting adalah membuat program kerja dan mencari jalan untuk mencapainya. Dalam hal ini Anda harus sedikit flash back pada masa lalu, apakah jalan yang Anda tempuh sudah sesuai jalurnya atau masih banyak kegagalan yang Anda hadapi? Cobalah renungkan mengapa hal itu bias terjadi.

3. Perjelas Pilihan, ” Kesenangan, Ketidaksenangan, Kebutuhan dan Keinginan Anda

Hal yang dulu Anda sukai mungkin sekarang berubah menjadi hal yang Anda benci.Gunakan sedikit waktu untuk mereflesikan perubahan tersebut. Ambil secarik kertas, buatlah dua kolom untuk menuliskan apa yang menjadi kesenangan dan ketidaksengan Anda. Jika pekerjaan yang Anda miliki saat ini merupakan aktivitas yang Anda senangi, berarti Anda berada dijalur yang benar. Tapi jika aktivitas Anda lebih banyak berada dikolom ketidaksenangan, itu menjadi pertanda untuk Anda memulai pekerjaan dan karier yang baru. Dan jangan lupa untuk membuat dua kolom apa yang menjadi kebutuuhan dan keinginan Anda. Agar jalur menuju puncak karier Anda bebas hambatan dan Anda termotivasi untuk mencapai puncak kejayaan karier Anda, ada baiknya Anda mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan yang ingin dicapai.

4. Analisa Hobi Anda

Merencanakan karier Anda berarti juga menganalisa hobi Anda saat sedang tidak bekerja. Sering kali hobi dan kegiatan Anda memberi petunjuk bagi jalur karier Anda. Hobi menjadi pekerjaan sehari – hari tentunya menyenangkan dan banyak orang yang sudah melakukannya.

5. Simpan Pencapaian Anda

Luangkan waktu sehari untuk bersantai dari rutinitas harian Anda dan coba ingat kembali berapa banyak mencapaian yang sudah Anda peroleh, Biasakan diri Anda untuk menyimpan semua pencapain kerja yang pernah Anda peroleh. Karena kebanyakan orang tidak menyimpan data atas keberhasilan mereka. Menyimpan data-data Anda tidak hanya berguna saat membuat resume kerja, tapi juga bermanfaat dalam merencanakan karier. Anda dapat memancing kembali kesuksesan yang pernah Anda raih,dan bisa menjadi penyemangat untuk Anda bukan..?

6. Mencari Celah Lain

Kebanyakan orang merasa tercebak dengan pekerjaan mereka, sehingga merasa tidak adanya jalur karier lain bagi mereka. Setiap manusia memiliki keahliannya sendiri dan setiap pekerjaanpun membutuhkan  keahlian tersendiri, sehingga sebaiknya Anda mengkategorisasikan apa yang menjadi keunggulan Anda. Jangan hanya terfokus dengan definisi pekerjaan Anda dibagian pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini.  Sebaik selami lebih dalam apa yang menjadi pekerjaan Anda saat ini, siapatahu keahlian baru yang Anda dapatkan bias diaplikasikan untuk pekerjaan lain.

7. Perhatikan Tren di Masa Depan

Tak hanya tren pakain, tas, make up dan sepatu yang menjadi perhatian Anda. Pekerjaan yang sedang naik daun saat ini.bisa saja tenggelam  beberapa tahun lagi. Maka sangat penting bagi Anda untuk mengamati tren karier di masa depan, terutama bidang yang menarik perhatian Anda. Setiap orang sebenarnya punya peluang di masa depan. Jadi jika pekerjaan Anda kurang berprospek cerah, namun Anda memiliki keahlian yang tinggi dan tahu cara menjual diri, maka Anda akan menemukan pekerjaan baru. Hal ini juga bias menjadi acuan bagi Anda, untuk meningkatkan keahlian yang ingin Anda tingkatkan.

8. Tentukan Tujuan

Untuk mencapai apa yang Anda inginkan, tentunya harus memiliki tujuan. Bisakah Anda sukses jika tidak ada tujuan? Dan bisakah Anda lebih sukses jika memiliki tujuan? Jawabannya sangat bisa. Komponen penting dalam mencapai sukses perencanaan karier adalah membuat tujuan. Anda bias membagi dua tujuan Anda dengan tujuan jangka pendek, yaitu tujuan yang ingin dicapai ditahun Anda memulai perencanaan karier dan jangka panjang merupakan tujuan hingga beberapa tahun kedepan.

9. Menambah Ilmu

Perencanaan karier dapat membuat Anda menemukan hal-hal baru yang sebelumnya Anda belum pernah ketahui. Dalam proses ini Anda akan banyak mempelajari hal baru. Kedegarannya klise, namun ilmu pengetahuan memang dapat mengarahlkan Anda menuju kesuksesan. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk belajar sebagi pribadi maupun karyawan.

10. Telususri Kesempatan karier di Masa Depan

Hal yang paling menyenangkan saat perencanaan karier adalah menggambarkan siapa diri Anda di masa depan. Seperti apa Anda di masa depan? Dimanakah Anda 5 tahun mendatang? Ramuan kunci untuk berkembang membutuhkan beberapa scenario agar Anda berjalan dijalur yang tepat. Lihat bidang dan pengalaman kerja Anda, namun sekali lagi, jangan takut untuk melihat kemungkinan peluang karier lainnya. Perencanaan ini memiliki banyak keuntungan untuk kesuksesan karier Anda, mulai dari menentukan arah, melakukan perubahan karier dan bahkan bias meraih kebahagian dalam hidup berkat pencapaian karier Anda yang sukses. Jangan menunggu terlalu lama untuk membuat rencana karier Anda. Bergegaslah karena setelah membuatnya, Anda akan lebih siap menghadapi tantangan dalam karier dan kehidupan.

success

 

Artikel oleh Evi frisnawaty Aruan