sehat di musim hujan
Cuaca di Indonesia, terutama Jakarta  sekarang ini terasa kurang baik, terkadang panas, dan tidak jarang turun hujan yang deras. Temperatur dan cuaca yang berubah-ubah ini merupakan salah satu kondisi yang memacu virus dan bakteri untuk lebih cepat berkembang biak. Akibatnya, banyak orang yang terkena penyakit, apalagi flu dan batuk. Maka dari itu, yuk kita menjaga kondisi badan kita tetap fit melalui makanan dan kegiatan yang mampu mempertahankan dan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

1. Makan Makanan yang Bergizi

Memang klise kalo denger nasehat untuk makan makanan yang bergizi karena semua orang bilang begitu, namun ini memang langkah yang paling manjur untuk memelihara daya tahan tubuh kita. Biasakan untuk memenuhi kebutuhan denganmengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Selain itu, ada juga tips makanan yang bisa membantu memberantas flu, yaitu sayur bayam. Siapa sangka kalo di sayur yang sederhana ini terdapat nutrisi yang menunjang daya tahan tubuh melawan penyakit flu.

2. Penuhi Kebutuhan Vitamin C

Tubuh kita memerlukan kurang lebih 75-90 milligra Vitamin C, namun kita perlu mengkonsumsi 250-1000 milligram Vitamin C (disesuaikan dengan berat badan, jenis aktivitas, kadar metabolisme, penyakit yang dihidapi dan juga umur), karena tidak semua Vitamin C yang masuk akan teserap ke dalam tubuh kita. Nah, kebutuhan Vitamin C ini dapat dipenuhi melalui konsumsi suplemen makanan atau melalui buah dan sayuran seperti jambu, jeruk, kiwi, nanas, brokoli, dan tomat.

3. Istirahat yang Cukup

Jangan anggap sepele kebutuhan tidur kamu. Dengan kurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan turunnya stamina dan daya tahan tubuh kita serta membuat kita semakin rentan terhadap berbagai penyakit, terutama dicuaca yang sedang tidak baik ini. Pada umumnya, kita membutuhkan 7-9 jam tidur di malam hari.

4. Minum Air Putih yang Banyak

Kenapa sih kita harus minum air putih dalam jumlah yang banyak? Alasan utamanya karena tubuh kita ini 75% terdiri dari air, maka kita harus minum, minimal 8 gelas air per harinya supaya badan kita tidak mengalami dehidrasi. Nah, kalau kenapa kita harus memperbanyak konsumsi air putih diiklim pancaroba ini, jawabannya adalah karena untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu, membantu membersihkan tubuh, membuang zat yang tidak diperlukan, dan mengedarkan nutrisi dan oksigen ke sel-sel dan organ tubuh, jadi badan kita bakal selalu terhindar dari virus dan bakteri.

5. Menjaga Kebersihan Diri dan Lingkungan

Tips terakhir untuk tetap sehat adalah menjaga kebersihan dimulai dari cuci tangan! Tangan merupakan perantara yang paling disukai virus flu dan batuk. Virus flu dan batuk dapat dengan mudah berpindah ke tubuh saat tangan kamu mulai menyentuh area wajah, khususnya hidung dan mulut. Selain menjaga kebersihan diri kamu sendiri, jaga juga lingkungan kamu tetap bersih, supaya udara yang kamu hirup juga bebas dari berbagai virus dan bakteri.

Nah, sekarang udah tau dong apa aja yang perlu dilakukan untuk tetap sehat dan fit walaupun cuacanya kurang baik. Jangan lupa hal-hal di atas juga dibarengi dengan olahraga supaya tubuh kamu lebih sehat lagi.

Angelia Rose