autismAutism, gangguan yang sangat kompleks dan terlihat sejak umur 6 bulan  ini, terjadi  pada beberapa orang di sekitar kehidupan kita. Autism bukanlah penyakit kejiwaan karena ia merupakan suatu gangguan yang terjadi pada saraf otak seseorang  sehingga menyebabkan saraf otak tersebut tidak dapat berfungsi selayaknya saraf otak normal dan hal ini termanifestasi pada perilaku penyandang autisme. Anak yang menyandang autism memang membutuhkan perhatian ekstra dan segala sesuatu harus selalu diwaspadai dan diperhatikan.

Namun, autism bukanlah suatu kekurangan semata, namun mereka yang berkebutuhan khusus ini juga memiliki kelebihan. Selayaknya anak normal, pasti kita punya kekurangan dan kelebihan dalam berbagai bidang. Kelebihan dan keunikan yang dimiliki anak – anak yang berkebutuhan khusus atau biasa disebut autism, diantaranya ;

1. Memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dan mampu menyelesaikan materi pembelajaran yang sulit

Kebanyakan anak berkebutuhan khusus kesulitan dalam belajar. Namun, mereka semua rata-rata memiliki kecerdasan dalam pelajaran tersulit menurut anak-anak normal, yaitu matematika. Matematika selalu menjadi pelajaran tersulit dan bahkan menjadi pelajaran yang sangat tidak disukai anak-anak, namun anak autism mampu dalam bidang tersebut. Seperti yang Ivan seorang anak berkebutuhan khusus yang mampu ngerjakan kumon anak kelas 6SD, padahal saat itu ia masih duduk dibangku kelas 3 SD.

2. Mampu mengetahui  hari, jam, dan tahun islam kelahiran seseorang

Kelebihan unik seperti ini sangat jarang ditemui diorang-orang normal. Namun, hal ini ditemui di anak-anak yang berkebutuhan khusus. Hanya dengan menyebutkan tanggal lahir, seorang anak berkebutuhan khusus mampu mengetahui hari, jam, dam mampu menghitung tahun Islam kelahiran seseorang

3. Anak yang Multitalenta

Orang-orang menilai bahwa anak berkebutuhan khusus tak bisa memiliki talenta cemerlang seperti anak-anak pada umumnya. Tetapi hal ini berhasil dipatahkan oleh seorang anak yang berhasil mendapatkan rekor oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai anak autis dengan kemampuan terbanyak. MURI menghitung setidaknya tujuh talenta yang dimilikinya, anak ini bernama Cindy Widhoretno.

4. Mampu menjadi GPS

GPS (Global Positioning System) yang adalah sistem penentuan lokasi berdasarkan sinyal satelit yang akan menghasilkan informasi berupa koordinat, latitude dan lokasi dalam peta. Begitu juga dengan anak yang berkebutuhan khusus, ada sebagian dari mereka yang mampu menghafal jalan, meski baru pertama kali lewat. Mereka sangat mempu untuk menunjukan arah jalan, apabila kita tersesat.

5. Daya Ingat yang kuat

Kebanyakan anak-anak autism, mengalami sulit untuk konsetrasi yang mengakibatkan sulit untuk menghafal. Namun tidak sedikit pula dari mereka yang daya ingatnya sangat kuat. Seperti Ivan salah satu anak autism di Indonesia yang mampu menghafal bendera-bendera negara hingga mendetail dan ia juga mampu menghafal lagu lebih dari 100 lagu.

Kelima hal yang unik tersebut mampu membuktikan bahwa anak-anak berkebutuhan khusus juga memiliki kelebihan, bahkan kelebihan yang sangat luar biasa. Karena dengan kekurangan yang mereka miliki tetapi ada kelebihan yang sudah di ciptakan Tuhan indah. Jadi kekurangan yang dimiliki mereka yang berkebutuhan khusus tidaklah menjadi batu sandungan, untuk mencapai cita-cita seseorang.

 

Artikel oleh Sjilaa Qirsten

Keywords:

  • kelebihan anak autis
  • kelemahan dan kelebihan anak autis