Timur Tengah adalah salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah. Rempah-rempah ini membuat orang ketagihan untuk lagi dan lagi memakannya. Makanan-makanan Timur Tengah yang kita kenal ada Kebab, Nasi Kebuli, Hummus, Roti Cane atau Roti Maryam, Sambosa, dan masih banyak lagi. Tapi, kali ini kita akan membahas 2 makanan ringan dari Timur Tengah, yaitu Roti Maryam dan Sambosa.

Roti Maryam
roti maryam
Roti Maryam biasa kita kenal dengan Roti Cane atau Roti Canai,  ada juga sebagian yang menyebutnya dengan Roti Konde atau Prata. Roti Maryam berbentuk bulat berwarna kekuningan. Roti ini biasanya dimakan dengan kuah kari, baik kari ayam ataupun kari kambing. Tapi ternyata, Roti ini juga bisa dimakan dengan berbagai macam topping sesuai dengan selera kita, seperti susu kental manis, keju, meises, madu, dan beraneka macam selai, baik selai stroberi, nanas, srikaya dan lain sebagainya. Tanpa topping pun Roti Maryam juga sudah enak untuk dinikmati, karena rasanya yang gurih dan lezat.  Roti ini biasanya lebih banyak digemari oleh konsumen yang sudah berusia lanjut. Kenapa? Karena memakan satu roti saja sudah cukup mengenyangkan bagi para lansia.

Sambosa
sambosa
Makanan kesukaan Zayn Malik, salah satu personil One Direction, ini adalah pastri goreng berbentuk segitiga. Bila dimakan, kulit luarnya garing seperti pangsit, namun didalamnya lembut. Nama Sambosa berasal dari Bahasa Persia yaitu “Sambosag”. Sambosa memiliki sebutan yang berbeda-beda di berbagai negara, seperti “Sanbusaj” di Negara-negara Bahasa Arab, “Sambosa” di Afganistan, “Samboosa” di Tajikistan, “Samsa” di Negara-negara Bahasa Turki, “Sambusa” di beberapa wilayah di Iran dan “Chamuca” di Goa dan Protugal.

Didalam Sambosa dapat diisi berbagai macam rasa, seperti coklat, keju, daging dan sayur. Untuk rasa daging dan sayur, rempah-rempah khas Timur Tengah akan sangat terasa. Sambosa paling enak dinikmati sebagai teman teh, susu hangat atau kopi saat pagi hari maupun sore hari, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini, umm… yummyyyy!!

ROFA1Bagi kalian yang penasaran dengan cemilan khas Timur Tengah ini, kalian dapat temukan di Jl. Raya Condet No. 9, Jakarta. Roti Maryam dan Sambosa ini adalah produk dari ROFA Food Indonesia. Selain Roti Maryam dan Sambosa, produk ROFA lainnya adalah American Risoles dan Pastel. American Risoles berisi daging asap, mayonaise, telur dan keju. Pastel ROFA tidak seperti pastel biasanya yang banyak dijual di pasaran, karena terdapat bumbu rempah-rempah yang merupakan kelebihan dari produk ROFA.

rofaRoti Maryam ROFA dijual setengah matang, bila ingin dimakan tinggal dipanaskan diatas teflon tanpa minyak. Lalu, tambahkan topping sesuai selera kita. Untuk Sambosa, American Risoles dan Pastel ROFA dijual mentah dalam bentuk per pack. 1 pack berisi
8 Sambosa (untuk rasa daging dan sayur), 10 Sambosa (untuk rasa coklat dan keju), 8 American Risoles dan 8 Pastel. Jika ingin memakannya, harus digoreng terlebih dahulu di minyak dingin untuk sambosa dan minyak panas untuk American Risoles dan Pastel. Untuk lebih jelas mengenai cara memasaknya dapat dilihat pada kemasan produk ROFA. Produk-produk ROFA ini tidak mengandung bahan pengawet, sehingga daya tahannya tidak terlalu lama. Bila disimpan di lemari pendingin hanya dapat bertahan hingga 48 jam.

Sedangkan bila disimpan di dalam freezer, bisa bertahan sampai 6 bulan untuk Roti Maryam dan 2 bulan untuk Sambosa, American Risoles dan Pastel. Harga produk-produk ROFA  ini dijual dengan kisaran harga Rp 5.000 sampai Rp 25.000. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa buka web http://rofafood.com/

by Annisa Virgynia