agar rambut sehat

Sebagai kaum perempuan, kita pastinya ingin mempunyai rambut yang sehat dan juga kuat. Rambut merupakan mahkota bagi semua perempuan. Namun, bagaimana bila rambut kita sudah sering mengalami treatment (seperti: rebonding, bleaching, smoothing, dll) yang menyebabkan rambut menjadi rusak dan tidak sehat? Berikut adalah cara untuk membuat rambut menjadi sehat kembali.

1. Hindari pencucian rambut setiap hari. Selama rambut cukup bersih dan mudah diatur, rambut dapat dicuci setiap 3 hari sekali. Jika rambut terlalu sering di cuci, minyak alami di kulit kepala akan semakin berkurang sehingga menyebabkan rambut kita menjadi kering.

2. Jangan menggosok rambut terlalu keras karena gesekan berlebih bisa menyebabkan rambut rontok.

3. Gunakan shampo yang mengandung minyak zaitun karena minyak zaitun sangat bagus untuk rambut kering dan rusak.

3. Selalu gunakan sisir bergerigi lebar dan sisir rambut dengan lembut. Jangan sisir rambut ketika masih basah, karena rambut sangat lemah.

4. Lakukan hair-spa. Kita dapat melakukan hair-spa sendiri di rumah, dengan begini kita dapat mengurangi biaya untuk ke salon. Lakukanlah kurang lebih 1 kali seminggu.

5. Biarkan rambut kering secara alami. Jika menggunakan alat pengering, nyalakan pada pengaturan paling rendah, karena suhu panas dari pengering rambut dapat merusak rambut. Hindari juga pemakaian hair-straightener (catokan) secara terlalu sering.

6. Pijat kepala kita. Pijat kepala bermanfaat untuk memperkuat akar rambut dan meningkatkan sirkulasi darah pada rambut.

Penulis: Jane Christie