kuku cantik
Kuku cantik merupakan hal esensi dari seorang wanita. Untuk mempercantik penampilan kuku, sering kita memoles kuku dengan warna warni kutek. Bahkan kini kutek bak sebuah kanvas. Banyak wanita menggambar rupa rupa gambar mulai dari karakter tokoh hingga motif. Kecilnya ukuran kuku bukanlah halangan untuk meriasnya. Namun terlalu sering menggunakan kutek dapat membuat kuku anda menjadi rapuh, kekuningan dan tidak sehat. Tapi jangan khawatir, tersedia beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menyelamatkan kuku anda untuk tetap sehat.

1. Nail milk calcium

Di beberapa gerai di pusat perbelanjaan yang menjual produk kesehatan dan kecantikan, menjual milk calcium untuk kuku. Atau biasa disebut vitamin kuku. Penggunaan vitamin kuku sebelum memulas kutek membantu kuku anda dari kerapuhan akibat kekurangan kalsium. Vitamin/kalsium kuku juga bisa digunakaan saat anda melakukan perawatan kuku ttidak hanya sebelum menggunakan kutek saja.

2. Warna kutek berpengaruh pada kuku

Rupanya antara kutek dan kuku memiliki korelasi. Warna kutek yang vibrant seperti merah, sayangnya membuat kuku menjadi lebih kusam setelahnya. Sedangkan warna warna pastel cenderung tidak.

3. Base coat

Memulas base coat tentu membantu mengurangi efek kimia dari kuteks untuk kuku. Pulaskan base coat sebelum anda memulai nail art

4. Pemilihan kutek

Pilihlah kutek yang aman. Lihat apabila kutek mengandung toluene, formaldehida,etil asetat, butyl asetat, dibutyl phthalate, dan flatat anhidrid. Lebih baik jangan pulaskan kutek tersebut ke permukaan kuku anda, karena itu mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan anda.

5. Istrihatkan!

Jika anda penggemar berat warna warni kutek, ada baiknya untuk mengistirahatkan kuku anda selama selang 2 minggu. Hal ini dikarenakan agar kuku anda bisa bernafas.

Lakukan langkah langkah diatas jika anda ingin tetap menjaga kesehatan kuku anda. selamat mencoba.

 

Artikel oleh Sylviana Tanery