diet golongan darah

Diet golongan darah merupakan sebuah diet dengan menyesuaikan makanan yang masuk dengan golongan darah yang dimiliki. Hal ini disebabkan karena golongan darah merupakan kunci dari sistem kekebalan tubuh, program ini dipercaya dapat menaikkan daya tahan tubuh, dan membentuk sebuah antibodi. Dalam diet ini kita tidak perlu menahan lapar dan bisa tetap makan seperti biasa dan tidak perlu olahraga yang berlebihan. Berikut tipsnya untuk anda.

Golongan Darah O

Golongan darah O memiliki saluran pencernaan dan sistem kekebalan tubuh yang baik selain itu juga terdapat pertahanan alami terhadap infeksi yang kuat. Konsumsilah banyak sayuran hijau, makanan dengan kadar protein hewani yang tinggi dan seafood. Hal tersebut merupakan beberapa jenis makanan yang termasuk kategori sangat baik untuk dikonsumsi. Untuk anda bergolongan O hindarilah terong, kentang atau sayuran yang mengandung banyak lektin. Tahu, tempe, daging, ayam dan ikan tuna merupakan makanan netral untuk golongan darah O.

Golongan Darah B

Golongan darah B memiliki tingkat antibodi yang paling tinggi diantara golongan darah yang lain, sehingga orang dengan golongan darah B umumnya akan jarang terserang penyakit. Makanan yang direkomendasikan untuk golongan darah B, sayuran seperti wortel, kol dan brokoli, buah seperi pisang, nanas dan pepaya. Daging, telur ayam dan kacang merah merupakan makanan yang netral untuk dikonsumsi. Lalu untuk olahan unggas harus dihindari oleh golongan darah B karena banyak mengandung lektin yang dapat menggumpalkan darah B.

Golongan Darah A

Agar sukses menjalankan diet ini anda yang bergolongan darah A sebaiknya menghindari stres terlebih dahulu dikarenakan adanya faktor hormonal yang akan mengatur asupan makan anda. Golongan darah A dianjurkan untuk memakan banyak karbohidrat dan lebih baik jika menjadi vegetarian. Makanan yang netral untuk dikonsumsi ayam, burung dara, telur ayam, melon, anggur, kiwi, jagung dan ikan tuna. Daging dan seafood merupakan makanan yang harus dihindari seperti sapi, kambing, domba, cumi-cumi, kepiting, kerang dan lobster.

Golongan dari AB

Diet golongan darah ini merupakan penggabungan antara golongan darah A dan B. Golongan darah AB merupakan salah satu golongan darah yang sangat mudah untuk beradaptasi dengan semua jenis makanan. Lauk pauk yang cocok untuk dikonsumsi adalah daging kelinci, ikan tuna, ikan salmon dan ikan laut lainnya. Lalu buah dan sayur yang bermanfaat seperti anggur, nanas, wortel, brokoli, kacang tanah atau kacang hijau. Golongan darah AB lebih baik untuk tidak mengkonsumsi telur bebek, kepiting, buah pisang, dan air soda.

 

Artikel oleh Rizky Ambar Sari