zumba

Kelebihan berat badan terkadang menjadi alasan para wanita tidak percaya diri dan menjadi salah satu penyebab stress dikarenakan berbagai faktor padahal berbagai upaya seperti olahraga telah dilakukan tetapi kebosanan terhadap olahgara tersebut sukar menjadi hambatan.Tapi jangan khawatir! banyak hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan contohnya seperti Zumba Fitness.

Zumba merupakan salah satu olahraga yang dapat membakar 500 sampai 800 kalori per jam. Gerakan senam Zumba terdiri dari berbagai variasi tarian bergaya Latin yang menggabungkan unsur tarian lain seperti, meringue, pop, reggaeton, cumbia, mambo, salsa, flamenco, rumba, dan calypso. Kombinasi latihan squat dan lunges juga banyak diterapkan dalam senam ini,sangat beragam bukan?

Zumba menggunakan metode HIIT (High Intensity Interval Training), yakni latihan kardio yang dilakukan dalam waktu singkat dengan intensitas yang tinggi, sehingga sangat membantu dalam proses pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Zumba bisa dilakukan dalam tempo yang cepat dan lambat, sehingga penikmat Zumba dapat terhindar dari kebosanan.

Zumba tidak harus dilakukan di tempat Fitness karena DVD Zumba sudah tersedia dan anda pun dapat melakukannya dirumah. Zumba memiliki banyak kategori karena zumba ditujukan untuk semua orang jika dilihat berdasarkan kemampuan dan usia, zumba memiliki 3 kategori yaitu:

Zumbatomic    : Untuk tingkatan anak-anak usia 4-12 tahun. Gerakannya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kelenturan, serta konsentrasi anak.

Zumba Fitness: Untuk tingkatan remaja sampai dewasa. Berguna untuk membantu pertumbuhan dan meningkatkan kesehatan.

Zumba Gold    : Untuk tingkatan lanjut usia di mana gerakan dansanya dirancang untuk  menguatkan tulang serta berfokus pada kelenturan tubuh.

Zumba ditemukan secara tidak sengaja oleh Beto PerezBeto yang tidak sengaja meninggalkan music aerobiknya dirumah  “Aku melihat kedalam tasku, mengambil beberapa kaset salsa dan merengue lalu memutarnya dan mengajar kelas Zumba untuk pertama kalinya,” Ucap beto. Setelah karirnya sebagai koreografer dan trainer di Colombia,Beto pindah ke US untuk mengenalkan Zumba kepada dunia bahkan Beto menjual semua yang dimilikinya dan pindah ke Miami untuk mengejar mimpinya menebarkan cinta Zumba kepada dunia.

 

Artikel oleh Veritasya Putri