tips belajar efektif

Apakah kamu sering merasa dag dig dug menjelang ujian? Pernahkah kamu terpikir untuk belajar tetapi ada rasa malas yang melanda dan menjadikan kamu jauh dari saat-saat belajar efektif yang padahal sangat kamu perlukan menjelang ujian? Atau mungkin kamu merasa bahwa pelajaran yang dipelajari susah dingat dan masuk ke dalam otak dan ketika sudah dihafal satu yang lainnya lupa?

Kalau kamu mengalami semua yang ada diatas nah, ini dia 5 tips persiapan efektif menjelang ujian:

1. Jangan Stress Sebelum Ujian

Stress menjelang ujian adalah hal yang tidak baik dan harus dihindari. Anggaplah ujian itu adalah sebuah tes untuk menguji seberapa jauh kita mengerti pelajaran yang diajarkan. Stress sebelum ujian kebanyakan terjadi karena kita takut dalam menghadapi ujian yang akan datang. Tetapi rasa takut yang kita rasakan itu sebenarnya adalah ketakutan karena ketidaksiapan kita menjelang ujian. Mulailah untuk lebih bersemangat menjelang ujian demi mendapatkan nilai yang memuaskan.

2. Mencicil Mata Pelajaran Yang Akan Diujikan

Ujian yang akan datang pastinya dengan mata pelajaran yang berbeda-beda. Ketidaksiapan kita menghadapi ujian bisa diatasi dengan cara mencicil bahan mata pelajaran yang akan diujikan. Menjelang musim-musim ujian, setidaknya kita bisa mencicil sebagian bahan di waktu Sabtu dan Minggu. Dengan meluangkan sebagian waktu kita untuk belajar, kita akan bisa mempelajari bahan ujian dengan lebih efektif dan tidak keteteran sebelum ujian mendatang.

3. Belajar Bersama Teman

Belajar bersama teman merupakan salah satu cara belajar efektif. Luangkan waktu kita untuk serius belajar bersama teman, sehingga kita bisa menanyakan bahan-bahan mata pelajaran yang masih tidak kita mengerti kepada yang lebih tau. Selain mendapatkan manfaat pengetahuan dan pelajaran, kita juga tidak harus bosan belajar sendirian dirumah. Kita bisa berbincang-bincang bersama teman tetapi harus kita ingat bahwa tujuan awal adalah belajar jadi belajar bersama teman bukan dijadikan sebagai alasan hanya untuk bisa keluar rumah di waktu akhir Minggu, ya.

4. Jaga Kesehatan

Kesehatan adalah yang terpenting supaya kita bisa efektif dalam belajar. Menjaga kesehatan harus kita lakukan menjelang ujian, sehingga kita bisa fit selama minggu-minggu ujian dan bisa belajar dengan fokus tanpa harus memikirkan kondisi kesehatan. Jika kita sakit menjelang ujian, itu akan merugikan diri kita sendiri dan belajar pun akan terganggu. Maka dari itu, makan teratur dan tidur teratur juga banyak minum air putih dan vitamin sangat membantu untuk menjaga kesehatan kita.

5. Lakukan Yang Terbaik

Jangan pernah takut tidak bisa mengerjakan ujian dan lupa akan bahan yang sudah dipelajari. Percaya dan lakukan yang terbaik adalah kunci menghadapi ujian. Jika kita sudah mempelajari bahan-bahan yang diberikan dan sudah belajar dengan baik, kita pasti akan bisa mengerjakan semua soal yang diberikan. Tarik nafas dan usahakan berada dalam keadaan tenang saat akan mengerjakan
ujian. Tanamkan pikiran positif bahwa kita pasti bisa mengerjakan dengan baik, dengan begitu kita akan mudah mengerjakan soal-soal ujian.

Artikel Oleh Della Claudia