holiday

Wisata keluar Negeri merupakan kegiatan yang menyenangkan karena kita bisa melihat dunia baru dan lingkungan baru. Tetapi  biaya mahal kadang jadi hambatan bagi traveler yang ingin liburan ke luar negeri. Berikut beberapa tips khusus agar wisata keluar negeri bisa lebih hemat.

1. Persiapan

Tentukan budget jalan-jalan – Satu hal yang penting untuk mengontrol pengeluaran yang tidak perlu adalah menentukan budget jalan-jalan. Tentukan budget minimal yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi, dan biaya makan sehari-hari, kemudian
lebihkan sekitar 30% untuk jaga-jaga. Dengan adanya budget awal, kamu akan mendapat batasan dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

2. Cari tiket pesawat dan penginapan lewat booking online

Saat ini ada banyak situs booking tersedia. Biasanya, tiket pesawat/hotel memberikan harga murah atau diskon lewat situs booking. Untuk itu, kamu bisa memanfaatkan. Jika beruntung, kamu bisa menemukan tiket pesawat/ hotel dengan potongan harga hingga 50%.

3. Makanan

Bawalah makanan & botol air minum sendiri – Coba deh kamu membawa snack, makanan (abon, selai, sambal sachet, dan sebagainya) dari rumah, ternyata hal ini bisa menghemat biaya jalan-jalan loh.

4. Transportasi

Gunakan transportasi publik untuk mengunjungi berbagai tempat wisata – Hindari taksi sebisa mungkin, gunakan alat transportasi lokal untuk mendapatkan pengalaman hidup seperti warga setempat.

5. Buah tangan untuk keluarga atau teman

Belilah oleh-oleh di pasar tradisional dan tawar harga semurah mungkin. Menawar harga di pasar tradisional adalah hal yang wajar, gunakan keahlian menawar terbaik dan kamu tidak akan menyesal. Tips untuk menawar: Tawarlah 50% dari harga awal. Tapi lihat juga dari kualitas dan harga awal barangnya, jangan sampai kamu menawar keterlaluan karena akan menyinggung si penjual.

6. Wisata yang kamu mau tuju

Cari info objek wisata gratis – Banyak objek wisata menarik yang tidak memerlukan biaya tiket masuk (entrance fee). Googling dan mencari info mengenai hal ini akan menghemat banyak uang.

Nah, itulah enam tips hemat biaya jalan jalan ke luar negeri. Dari keenam tips tersebut kamu bisa persiapkan diri jika kamu akan berpegian ke luar negeri agar lebih hemat dan terjangkau.

By : Rr Astari Indah V