Tahun 90an merupakan masa dimana kita dapat menemukan segudang  jajanan yang sangat beragam,  enak dan harganya yang sangat terjangkau.  Salah satunya adalah permen.  Makanan yang satu ini pastinya sudah sangat populer di kalangan masyarakat khususnya anak-anak. Rasanya yang beragam, bentuknya yang bermacam-macam, dan warnanya yang menarik, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang memakannya.

Beberapa permen yang sangat terkenal di era 90an antara lain :

1. Permen Payung

permen payung

Bentuk  yang unik menyerupai payung dan coklatnya yang enak, membuat permen ini digemari  oleh anak-anak.

 

2. Permen Kacamata

permen kacamata

Tak kalah uniknya dari permen payung,  kemasan permen yang mirip dengan coklat cha-cha ini berbentuk seperti kacamata atau angka 8 yang di samping kanan dan kirinya terdapat lubang. Biasanya anak-anak akan memasukan tali ke lubang tersebut dan memakainya seperti  topeng atau kacamata.

 

3. Permen Gulali

permen gulali

Permen tradisional ini juga sangat populer di era 90an. Adonan permen yang memiliki rasa manis yang khas ini berwarna hijau dan merah.  Si penjual  juga harus memiliki keterampilan yang tinggi untuk membuat bentuk-bentuk dari adonan permen. Dalam waktu yang singkat ia bisa membuat berbagai macam bentuk dari peluit, bunga, ayam, dan lainnya.

 

4. Permen Susu

permen susu

Permen yang berasal dari Tiongkok ini  juga biasa disebut permen kelinci  atau permen white rabbit. Selain rasa susu dan permennya yang kenyal, ciri khas permen ini yaitu dibungkus oleh lapisan tipis bening yang bisa dimakan.

 

5. Permen Karet YOSAN

permen karet yosan

Permen karet ini sangat populer dikalangan anak-anak. Terdiri dari tiga rasa yaitu melon, jeruk dan stoberi. Selain berhadiah tattoo, permen karet ini juga membuat undian berhadiah apabila kita bisa menemukan huruf di tiap kemasan dan menyusunnya menjadi kata Y-O-N-S-A-N

Selain kelima permen di atas, mungkin masih ada lagi permen-permen yang lainnya. Namun lima permen inilah yang paling populer di era 90an dan beberapa masih ada sampai sekarang.

 

Artikel oleh Liesela Mariska

Keywords:

  • permen coklat caca