meningkatkan metabolisme
Hampir semua wanita yang sedang melakukan diet sering dibuat resah apabila langkah diet mereka tak kunjung berhasil. Akhirnya tubuh mereka menjadi tidak fit. Dari mulai sariawan hingga rambut rontok yang disebabkan oleh pola diet yang salah.

Agar proses diet kamu sukses dan tetap sehat lebih baik anda kenali dulu apa itu yang disebut dengan metabolisme tubuh. Metabolisme adalah proses tubuh untuk mengubah makanan menjadi sumber energi. Proses metabolisme pada wanita cenderung lebih lambat karena tingginya tingkat jaringan lemak pada wanita.

Maka inilah beberapa tips untuk meningkatkan proses metabolisme untuk anda yang sedang diet.

Makan makanan yang tepat
makan tepat
Memilih jenis makanan tertentu bisa meningkatkan metabolisme tubuh anda. Jenis makanan ini biasanya memiliki kandungan protein yang tinggi. Karena protein sangat baik untuk meningkatkan masa otot ( kepadatan otot ) anda. Semakin tinggi masa otot anda, maka tubuh akan membakar semakin banyak lemak. Sumber protein yang baik bisa anda peroleh dengan makan ikan laut, putih telur, tahu tempe, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dll. Dan hindarilah gorengan.

Minum air putih dingin
air putih dingin
Banyak orang beranggapan bahwa minum air dingin akan menyebabkan kegemukan. Padahal sebaliknya, air dingin akan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh anda. Ini terjadi karena tubuh anda memerlukan lebih banyak kalori untuk mengembalikan suhu nya ke keadaan normal. Ketika tubuh mendapatkan air dingin, suhu nya akan menurun oleh sebab itu tubuh secara otomatis akan meningkatkan suhu dengan membakar lebih banyak kalori.

Melakukan olahraga yang tepat
olahraga
Olahraga adalah salah satu cara cepat untuk meningkatkan metabolisme, tapi yang perlu anda ketahui jenis olahraga tertentu akan memberikan efek yang berbeda terhadap tubuh. Dua jenis olahraga yang baik untuk meningkatkan metabolisme adalah aerobik dan angkat beban.

Latihan aerobik akan meningkatkan metabolisme anda saat berlatih, sedangkan latihan beban akan memberikan efek peningkatan metabolisme secara berkelanjutan. Jadi dengan berlatih beban , saat selesai latihanpun metabolisme tubuh anda akan tetap tinggi.

Istirahat yang cukup
tidur
Tubuh kita memerlukan waktu istirahat sebanyak 6 sampai 8 jam untuk mengembalikan kondisi kebugarannya. Ternyata kurangnya istirahat dapat menyebabkan terbentuknya hormone ghrelin yang dapat memicu rasa lapar. Selain itu karena kondisi tubuh yang tidak lagi fit karena kurang tidur akan menurunkan tingkat metabolisme tubuh. Jadi, mulai sekarang aturlah waktu istirahat anda sebaik-baiknya.

 

Artikel oleh Annisa Kurnia