manfaat lemon

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C sehingga  dapat membantu menjaga kekebalan tubuh anda. Dengan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon, tubuh kita juga dapat terhindar dari virus penyebab penyakit batuk dan pilek. Selain itu, masih banyak lagi manfaat mengkonsumsi buah lemon yang sangat menyehatkan tubuh. Maka dari itu, buah lemon menjadi buah yang sangat digemari. Taukah anda, manfaat buah lemon tidak hanya pada saat lemon dikonsumsi  saja, tetapi lemon juga bermanfaat bagi kecantikan  tanpa harus mengkonsumsinya.

Berikut 10 manfaat lemon bagi kecantikan tubuh:

1. Mengelupas sel kulit mati

Buah lemon dapat membantu mengelupaskan sel-sel kulit mati karena lemon mengandung AHA (Alpha-Hidrocxy Acid) yang  bermanfaat untuk perawatan kulit. Caranya sederhana, peras buah lemon (2-3buah/secukupnya) dan ambil air lemonnya,lalu celupkan kapas pada perasan buah lemon tersebut  dan balurkan di seluruh kulit yang telah dibersihkan secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air bersih. Sel-sel kulit mati akan terangkat dan  kulitmu akan terlihat lebih bercahaya dan terasa lembut.

2. Merawat kuku

Lemon dapat membuat kuku menjadi lebih sehat, bersih,kuat dan terlihat indah karena lemon mengandung protein dan keratin.  Caranya, peras beberapa buah lemon dan masukkan air perasan lemon ke dalam mangkuk kecil, lalu celupkan jari-jari anda ke dalamnya. Diamkan kurang lebih selama 15 menit sehingga air lemon meresap ke dalam kuku anda.

3. Mencerahkan wajah

Lemon dapat digunakan sebagai masker wajah alami yang dapat dibuat sendiri. Biasanya lemon akan dikombinasikan dengan madu sebagai bahan utama dalam membuat masker. Caranya,  peras buah lemon ke dalam mangkuk secukupnya. Selanjutnya, tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam perasan lemon tadi dan aduk sampai merata. Oleskan masker ke wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin empat kali dalam sebulan untuk hasil wajah cerah yang maksimal.

4. Mengecilkan pori-pori kulit

Jus lemon segar, dapat membantu anda yang mempunyai masalah dengan pori-pori kulit wajah yang besar. Caranya, peras lemon secukupnya dan simpan perasan jus ke dalam lemari es, lalu celupkan kapas pada jus lemon segar dan oleskan pada bagian wajah kamu, bilas dengan air dan oleskan pelembab wajah. Lakukan perawatan ini setiap pagi dan pastikan jus lemon yang kamu buat diganti setiap seminggu sekali.

5. Merawat rambut kering dan rusak

Lemon bermanfaat  untuk merawat rambut dengan kondisi kering dan rusak. Caranya, peras lemon secukupnya. Lalu,jus lemon  dicampur dengan 3/4 cangkir minyak zaitun dan ½ cangkir madu murni. Madu dan minyak zaitun berfungsi membantu menjaga rambut agar tetap sehat. Oleskan campuran tersebut pada rambut dan tutup rambut secara keseluruhan dengan bungkus plastik selama setengah jam. Tunggu hingga 30 menit dan bilas dengan gunakan shampo untuk membersihkan rambut Anda.

6. Melembutkan kulit pada siku

Untuk anda yang memiliki kulit pada siku tangan yang kering dan berwarna hitam, irisan buah lemon ternyata dapat mengatasi masalah pada siku anda tersebut. Caranya, iris buah lemon menjadi 2 bagian lalu gosok-gosokkan irisan lemon pada siku anda. Lakukan rutin sehingga kulit siku anda terlihat bersih dan lembut.

7. Mencerahkan kulit

Lemon mengandung komponen-komponen  yang dapat membantu mencerahkan kulit. Caranya, campurkan perasan lemon dengan air, lalu aplikasikan campuran tersebut pada kulit anda. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih. Sebaiknya perawatan ini dilakukan setiap hari untuk menjaga kulit anda agar semakin cerah.  Anda juga dapat mencampurkan larutan ini dengan madu untuk membantu memulihkan iritasi kulit.

8. Menghilangkan ketombe

Buah lemon juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe. Agar ketombe di rambut anda hilang, anda dapat melakukan perawatan dengan mencampurkan air buah lemon dengan minyak zaitun hangat. Aplikasikan campuran tersebut ke kepala, pijat perlahan dan diamkan selama 15 menit agar campuran tersebut meresap ke kulit kepala. Setelah 15 menit, bilas dengan air bersih.

9. Menghilangkan jerawat

Masalah kulit yang paling sering dialami yaitu jerawat. Tetapi sekarang anda tidak perlu khawatir dengan adanya jerawat karena ada tips menghilangkan jerawat dengan bahan utama air lemon. Caranya sangat gampang, hanya dengan mencampurkan air lemon dengan air lalu celupkan kapas dan usapkan ke jerawat anda. Lakukan setelah wajah anda telah dicuci bersih. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

10. Menghilangkan komedo

Banyak orang yang memiliki masalah dengan komedo di wajahnya terutama remaja. Namun sekarang komedo dapat dihilangkan ataupun bisa dicegah dengan menggunakan lemon. Caranya, dengan memotong lemon menjadi beberapa bagian. Oleskan langsung lemon tersebut ke komedo di wajah anda. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
By: Livinia Ferinsia Taslim