Seoul, merupakan ibu kota dari Korea Selatan yang juga tempat lahirnya K-Pop dan artis-artisnya. Tetapi tidak hanya dunia entertainment yang dimiliki, Korsel juga memiliki berbagai tempat wisata  yang wajib dikunjungi karena keindahan, keistimewaan, dan kekayaan budayanya!

K-Pop dan destinasi wisata rupanya juga menjadi daya tarik bagi turis-turis asing. Tak ayal Korsel kini menjadi salah satu tujuan favorit wisata di wilayah Asia. Berikut ini adalah 5 tempat wisata yang wajib dikunjungi selagi berada di Seoul :

1. Gyeongbokgung Palace (Istana Gyeongbok)

Gyeongbokgung

Gyeongbokgung Palace

Istana ini merupakan istana tertua dan paling utama saat Dinasti Joseon sedang memerintah Korea. Istana ini dibangun pada tahun 1394, kompleks Gyeongbokgung merupakan yang terbesar diantara 5 istana yang berada di sekitar kota Seoul. Selain bangunan istana, ada juga dua museum; The National Palace Museum of Korea, museum yang berisikan sejarah-sejarah istana pada saat kekaisaran Joseon masih berdiri, dan National Folk Museum yang memamerkan bukti budaya dan tradisi bangsa Korea dari zaman dahulu hingga sekarang. Gyeongbokgung tidak beroperasi pada hari Selasa.

 

2. Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower

Namsan Seoul Tower

Disebut juga sebagai Menara Seoul atau Menara Namsan, merupakan gedung pemancar radio yang dibangun pada tahun 1969 dan dibuka untuk umum pada tahun 1980. Tower ini memiliki tinggi sekitar 236,7 M dari dasar, dan sekitar 479,7 M di atas permukaan laut. Pengunjung biasa menaiki kereta gantung untuk sampai ke gunung Namsan lalu berjalan kaki hingga ke menara. Di dalamnya, terdapat toko souvenir, museum, kedai manisan, kafe, burger shop. Menara ini juga berfungsi sebagai dek observasi yang didalamnya terdapat revolving restaurant. “Locks of Love” juga terdapat di Roof Terrace pada menara ini.

 

3. Myeongdong

Myeongdong

Myeongdong merupakan tempat berbagai macam toko pakaian, sepatu, aksesoris, kosmetik, kafe, dan restoran berkumpul jadi satu. Area ini disebut juga sebagai pusat fashion trendsetter di Seoul karena dipenuhi oleh orang-orang Korea Selatan yang modis.

 

4. Blue House
Blue house
Blue House disebut juga sebagai Cheongwadae merupakan kantor kepresidenan Republik Korea Selatan. Namanya diambil dari genting atap bangunannya yang berwarna biru. Cheong Wa Dae termasuk bagian kompleks bangunan yang dibangun dengan bentuk rumah tradisional Korea namun dengan struktur modern.

 

5. Namsan Hanok Village
Namsan Hanok
Hanok merupakan rumah tradisional Korea yang sudah ada sejak dulu. Di Namsan ini, terdapat replica rumah-rumah tradisional khas Korea yang bisa dilihat secara leluasa. Berada di lahan seluas 8.000 M², Namsan Hanok Village terdiri atas tiga bagian : taman tradisional Korea, Time Capsule Plaza (tempat pameran kebudayaan Korea) dan perkampungan Hanok itu sendiri. Lokasinya berdekatan dengan Namsan Park sehingga bisa terlihat jelas NSeoul Tower sebagai background area ini. Tidak ada biaya memasuki wilayah Namsan Hanok Village. Namsan Hanok tidak beroperasi pada hari Selasa.

 

Artikel oleh Steven Hendrily