masker alami

Seperti kita sama-sama ketahui saat ini banyak sekali produk perawatan kulit yang ditawarkan, kita bisa dengan sangat mudah mendapatkan berbagai produk kecantikan dan perawatan dengan harga yang sangat murah di sekitar Kita. Namun yang perlu diperhatikan adalah, badan POM beberapa waktu terakhir ini sering menemukan beberapa produk kosmetik khususnya pemutih wajah dan anti jerawat yang ternyata didalamnya ada kandungan logam berat, dan inilah yang sering disebut dengan nama merkuri. Sekilas produk-produk ini memang hasilnya tampak sangat menakjubkan, padahal perlu disadari bahwa penggunaan produk yang mengandung merkuri ini bisa berakibat membuat wajah Kita rusak secara permanen khususnya pada pemakaian dalam waktu yang relatif lama atau jangka panjang.

Masker untuk wajah sebenarnya bisa dibuat dari berbagai macam bahan alami sesuai dengan kebutuhan kita. Pengunaan bahan-bahan alami saat ini justru banyak menjadi pilihan dan bukanlah merupakan sesuatu yang dianggap ketinggalan jaman. Menggunakan bahan alami adalah pilihan untuk tetap tampil cantik, tetapi lebih dari itu tetaplah aman dan juga menyehatkan, dan harapannya mampu memberikan hasil yang optimal.Dan kali ini saya akan membahas berbagai tips untuk membuat masker dengan bahan alami yang mudah kita temukan:

1. Masker dengan bahan madu

Masker madu ini sangat cocok untuk mengatasi wajah berjerawat. Kali ini kita akan membuat kombinasi antara madu dan pisang serta lemon.

Masker Pisang Madu

Buah pisang mengandung vitamin C dan magnesium yang baik untuk kulit. Kombinasi masker pisang dengan madu dapat meremajakan kulit dengan membuang sel-sel kulit mati. Madu sendiri berperan sebagai antioksidan dan melindungi tubuh dari sinar UV.

Cara membuatnya juga gampang. ambil satu buah pisang yang sudah matang lalu diblender hingga halus.
Tambahkan 1 sendok makan madu dan aduk hingga benar-benar tercampur rata. Untuk penerapannya, oleskan masker madu tersebut ke seluruh secara merata. Biarkan selama 15-20 menit. Setelah masker kering dengan sendirinya, bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk hangat.

Masker Lemon Madu

Kandungan citrit acid dan vitamin C yang tinggi pada buah lemon dapat membantu anda menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan kulit wajah. Kombinasinya dengan madu mampu menyegarkan dan melembabkan kulit, sekaligus sebagai antioksidan alami.

Cara membuatnya, sediakan 1 buah jeruk lemon dan peras airnya. Campurkan dengan 1 sendok makan madu, aduk hingga merata. Oleskan ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, basuh muka dengan air hangat dan keringkan dengan handuk lembut. Untuk hasil maksimal, gunakan pelembab wajah setelahnya.

Masker Madu Kubis

Siapa sangka kalau kubis (kol) bisa digunakan sebagai masker wajah. Kombinasi antara kubis dan madu dapat membuat wajah terlihat lebih berseri, dan menyamarkan kerutan.

Ambil kubis secukupnya kemudian diblender hingga halus. Tambahkan beberapa sendok makan madu lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran jus kubis dan madu tersebut secara merata pada wajah. Diamkan selama 15
menit. Setelah itu, basuh wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk halus.

 

2. Masker dengan bahan kunyit

masker kunyit

Khasiat kunyit  adalah untuk memutihkan dan menghaluskan kulit. Kunyit bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya sesuai kebutuhan dan jenis kulit anda.

Masker Kunyit Susu Lemon

Ada 3 bahan utama disini, yaitu bubuk kunyit, susu cair dan air lemon. Cara membuatnya gampang, campurkan bubuk kunyit dan susu cair hingga membentuk adonan seperti pasta. Tambahkan air perasan jeruk lemon
kemudian aduk hingga rata. Oleskan adonan tersebut pada wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit.

Bilas dengan air dingin dan keringan dengan handuk lembut. Untuk hasil maksimal Anda bisa menggunakan campuran bubuk kunyit dengan sedikit air dan gunakan sebagai scrub sambil dipijat-pijat secara lembut.

Masker Kunyit Jeruk Nipis

Kombinasi antara kunyit dan jeruk nipis mampu memutihkan kulit sekaligus menghilangkan jerawat. Hal ini karena kandungan antioksidan dan antibakteri dari jeruk nipis yang sangat kuat. Jika tidak ada jeruk nipis bisa diganti dengan lemon.

Langsung saja, sediakan satu sendok makan bubuk kunyit dan satu sendok makan air jeruk nipis, kemudian campurkan bahan tersebut hingga merata dan berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata sambil dipijit-pijit ringan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas adengan air hingga bersih. Hasilnya akan terlihat setelah pemakaian beberapa kali. Kulit akan terllihat lebih kencang, segar dan putih berseri.

 

3. Masker dengan bahan susu

masker susu

Susu merupakan bahan makanan yang mempunyai banyak kandungan gizi. Selain dikonsumsi sebagai minuman kesehatan, susu juga dijadikan sebagai bahan untuk produk kecantikan. Namun, kita juga bisa memanfaatkan susu sebagai masker untuk perawatan wajah. Dikombinasikan dengan bahan-bahan lain, tambah berkhasiat.

Masker Susu dan Almond

Kacang almond dikenal dengan kandungan minyak esensialnya yang mampu menjaga kesehatan kulit. Minyak almond ini berkhasiat mengembalikan kesegaran kulit dan menjaga kelembabannya. Sangat cocok dipadukan dengan susu sebagai masker untuk wajah.

Campurkan 1 sendok makan susu bubuk, minyak almond dan madu hingga membentuk adonan pasta. Olskan masker ini secara merata dari wajah hingga leher. Biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Masker Susu dan Garam

Masker kali ini resepnya sangat sederhana dan mudah didapat. Campuran antara susu dan garam ini akan membersihkan pori-pori kulit sehingga wajah terlihat lebih bersih dan bercahaya.

Campurkan susu bubuk dan garam dengan air perasan jeruk nipis. Aplikasikan masker ini pada wajah Anda secara merata dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan dengan kain lembut. Setelah melakukan perawatan ini, pori-pori kulit akan mengecil dan kulit wajah terlihat lebih halus.

 

4. Masker dengan bahan buah-buahan

masker buah

Selain bahan-bahan alami seperti madu, susu dan yogurt, buah-buahan pun bisa dijadikan sebagai masker wajah alami. Buah-buahan yang biasa dijadikan sebagai bahan pembuatan masker adalah pisang, melon, anggur, apel, tomat, jeruk nipis, lemon, pepaya, stroberi, mentimun dan alpukat. Tapi kita tidak akan bahas semuanya karena terlalu panjang. Jari saya bisa kribo nanti, hehe.

Masker Buah Anggur

Buah anggur ternyata memiliki khasiat untuk menyegarkan dan mengencangkan kulit wajah. Kandungan antioksidannya juga dapat melawan keriput. Untuk membuat masker anggur, caranya cukup simpel. Ambil beberapa buah anggur lalu blender dan saring. Ambil kapas dan celupkan pada jus anggur tadi. Ratakan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air mawar. Masker ini bisa digunakan setiap hari untuk  semua jenis kulit.

Masker Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal dengan kandungan vitamin C dan antioksidannya yang tinggi. Sudah sejak lama, jeruk nipis digunakan sebagai bahan untuk menghilangkan jerawat. Kali ini kita akan membuat masker jeruk nipis untuk membebaskan wajah dari jerawat. Caranya, campurkan minyak sari kacang tanah (yang bisa didapatkan dari apotek atau toko kosmetik) dengan air perasan jeruk nipis. Oleskan campuran ini pada wajah Anda dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Masker Mentimun

Masker mentimun ini akan melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari. Jadi, jika anda seharian berada di luar rumah tersengat matahari, saat pulang, cobalah untuk membuat masker mentimun ini. Caranya, campurkan jus mentimun, air rendaman mawar dan gliserin nabati. Gliserin nabati bisa Anda dapatkan di toko bahan kimia. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah Anda.

Masker Stroberi

Anda suka mengkonsumsi stroberi? Lain kali sisakan sedikit untuk dibuat masker. Caranya, blender sttoberi namun jangan terlalu halus. Campurkan dengan satu sendok makan madu. Aplikasikan ramuan tersebut ke wajah secara merata dan diamkan selama 30 menit. Ketika masker hampir kering, lakukan pemijatan secara melingkar untuk melepaskan sel-sel kulit mati. Bilas dengan air dingin.

Masker Buah Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Masker dari buah apel ini sangat cocok bagi pemilik kulit berminyak karena dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah. Blender satu buah apel hingga halus lalu aplikasikan ke wajah secara merata. Diamkan beberapa saat sampai masker mengering dengan sendirinya. Basuh dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan mengeluarkan minyak, lalu basuh kembali dengan air dingin agar pori-pori menutup.
Mari dicoba tips-tips diatas agar wajah kalian terlihat lebih cantik dan bersih dengan menggunakan bahan alami.

 

Dibuat oleh Julita

Keywords:

  • cara membuat kosmetik alami yang tahan lama
  • cara membuat masker bubuk untuk dijual
  • cara membuat masker alami yang tahan lama
  • cara membuat masker untuk dijual
  • cara membuat masker tahan lama
  • tips agar masker kumyit bisa taham lama
  • cara pembuatan masker alami yang bertahan lama
  • Cara pembuatan masker alami untuk disimpan lama
  • cara membuat masker strawberi menjadi bubuk agar bisa disimpan
  • cara buat masker apel untuk di jual