Banyak sekali orang dijaman seperti sekarang ini mengabaikan waktu tidur bagi kesehatan mereka. Mereka lebih banyak mementingkan pekerjaan daripada kesehatan diri sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan tidur yang sehat.

  • Biasakan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari

Sebaiknya tentukan waktu tidur kamu dan konsistenlah dengan waktu tersebut. Setelah melakukan pola tersebut dengan sering, tubuh akan memiliki ‘waktu natural’ dan sangat membantu dalam mengelola jam tidur.

  • Pastikan kamar tidur anda tenang, sejuk, dan nyaman

Tempat yang nyaman dan sejuk memungkinkan kamu cepat tertidur. Mengurangi kontak terhadap suara juga dapat mengurangi gangguan tidur. Dengan kondisi tersebut, kamar tidur dapat menjadi tempat yang nyaman dan membuat tubuh serta pikiran lebih rileks sehingga membuat tidur menjadi berkualitas.

  • Hindari alkohol, kafein dan nikotin sebelum tidur

    tidur cantik

    www.mitosmimpi.com

Kopi, teh, susu, dan minuman soda dapat menstimulasi tubuh untuk tetap terjaga karena makanan/minuman tersebut mengandung kafein. Lebih baik tidak mengkonsumsi semua itu termasuk alkohol dan nikotin dalam jangka waktu 4-6 jam sebelum waktu tidur kamu.

  • Sempatkan untuk berolahraga

Tubuh yang aktif secara fisik sangat baik untuk kesehatan dan sangat membantu untuk memastikan tidur yang nyenyak di malam hari. Tetapi jangan berolahraga mendekati jam tidur karena dapat menyulitkan tubuh untuk tertidur, karena tubuh masih dalam keadaan fit atau belum rileks.

  • Jika susah tertidur, jangan berdiam diri di tempat tidur

Jika setelah 20 menit berbaring namun merasa kesulitan untuk tertidur, jangan terus berbaring sambil terjaga atau uring-uringan di tempat tidur. Bangunlah dari tempat tidur, pergi ke tempat lain yang tenang untuk duduk atau berbaring hingga merasa mata kamu sudah siap untuk tertidur.

  • Jadikan tidur sebagai prioritas

Tubuh sangat memiliki haknya untuk tidur dan beristirahat. Banyak orang yang mengorbankan waktu tidurnya untuk menyelesaikan pekerjaan atau bahkan mengorbankan waktu tidurnya untuk sesuatu yang tidak penting, seperti menonton DVD, bermain game, internet, dll. Ingatlah waktu tidur yang sudah kamu tentukan dan konsistenlah dengan waktu tersebut.

Selain tips mendapatkan tidur yang sehat, adapun posisi tidur yang menyehatkan yang sebaiknya dilakukan. Setiap orang memiliki gaya dan posisi tidur yang berbeda-beda. Secara umum, terdapat 3 posisi tidur, yaitu posisi terlentang, posisi menyamping dan posisi telungkup/tengkurap.

Posisi Tidur Terlentang

Tidur dengan posisi terlentang sangat baik bagi tulang punggung belakang dan leher karena posisi ini pada dasarnya menempatkan keduanya dalam posisi yang lurus dan netral. Ada beberapa keuntungan tidur terlentang, antara lain:

  1. Mencegah sakit tulang belakang (punggung) dan leher.
  2. Mencegah naiknya asam lambung.
  3. Meminimalkan kerutan di wajah karena tidak ada tekanan pada wajah saat tidur terlentang.

Posisi tidur terlentang tidak dianjurkan bagi orang yang sering mendengkur karena posisi ini menyebabkan pangkal lidah menekan ke arah tenggorokan dan saluran pernapasan sehingga menyebabkan ruang aliran udara menyempit dan menyebabkan dengkuran menjadi lebih nyaring.

tidur terlentangwww.kaskus.co.id

Posisi Tidur Menyamping

Posisi tidur menyamping atau miring adalah posisi tidur yang paling banyak digunakan orang ketika tidur. Selain nyaman, posisi ini juga sangat baik bagi kesehatan secara umum. Variasi yang umum dari tidur menyamping adalah posisi melengkung dengan lutut ditekuk ke arah dada dan tidur menyamping lurus.

Tidur menyamping disarankan bagi orang tidur mendengkur dan orang yang mengalami sakit tulang belakang atau punggung. Posisi tidur menyamping kearah kiri disarankan bagi wanita hamil karena ideal untuk aliran darah dan mengurangi tekanan pada perut.

Namun posisi ini memiliki beberapa kekurangan, antara lain dapat menyebabkan kerutan di wajah karena tekanan pada salah satu sisi wajah ke bantal selama tidur. Selain itu, posisi ini juga menyebabkan payudara menjadi kendur karena tertarik ke bawah saat anda tertidur.

tidur miring

 

Posisi Tidur Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurang/telungkup adalah posisi yang tidak dianjurkan. Posisi ini merupakan posisi tidur yang buruk karena dapat menyebabkan nyeri pada otot, punggung, dan leher. Hal ini karena posisi ini berlawanan dengan bentuk alami tulang belakang dan posisi leher akan sangat janggal dengan otot yang tertarik.

Orang yang sering tidur tengkurap tidak jarang mengalami nyeri atau pegal di leher ketika bangun pagi. Tekanan di wajah juga sangat besar saat seseorang tidur dengan posisi tengkurap. Akan tetapi, ada satu hal baik dari posisi ini, yaitu mengurangi dengkuran.

tidur tengkurap

Yunita29dianhusada.blogspot.com

Posisi tidur terlentang adalah yang terbaik dengan diikuti posisi tidur menyamping. Sedangkan tidur tengkurap sangat tidak dianjurkan karena dianggap buruk bagi kesehatan. Namun semua itu  sebaiknya dilakukan sesuai dengan kenyamanan dari diri sendiri. Jika kamu mengalami gangguan tidur yang berlebihan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui cara yang paling tepat untuk mengatasinya.

Create by: Catherine Geovanni