madu

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup tetapi memiliki tekstur lebih kental dan berasa manis. Madu berasal dari cairan manis ( nectar) yang terdapat dalam bunga yang dihisap oleh lebah. Madu pun mengandung berbagai vitamin dan mineral yang memiliki banyak khasiat untuk Manusia. Berbagai khasiat yang dimiliki madu diantaranya adalah :

1. Madu untuk Sumber energi

Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan. Hal ini dikarenakan madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.

2. Meringankan penyakit pernafasan

Madu sangat efektif untuk penyakit pernafasan. Sebuah studi di Bulgaria pada hampir 18.000 pasien menemukan bahwa madu membantu mengatasi bronkitis kronis, bronkitis asma, rinitis kronis, alergi dan sinusitis. Madu adalah obat yang efektif untuk pilek,flu dan infeksi pernafasan.

3. Obat untuk penyembuh luka

Madu selama berabad-abad telah digunakan untuk perawatan luka dan borok. Dalam dunia pengobatan, masyarakat Yunani dan Romawi memelopori penggunaan madu untuk mengobati hidung tersumbat sementara itu bangsa mesir kuno menjadi pelopor pemanfaatan madu untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.

4. Menghaluskan kulit

Asam glukonat dan asam organic ringan lainnya yang terdapat dalam madu dapet melonggarkan ikatan sel-sel kulit mati sehingga mempercepat regenerasi pada kulit, mengurangi keriput dan penuaan, menyeimbangkan minyak, dan meningkatkan elastisitas kulit. Kandungan gula dan asam amino pada madu, dapat membantu mempertahankan kelembaban pada kulit.

5. Antioksidan kuat

Madu memiliki antioksidan yangtinggi sehinggadapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan,antioksidan yang disebut “pinocembrin” hanya ditemukan di dalam madu. Hal ini membuat tubuh Anda lebih sehat, terhindar dari penyakit and terlihat lebih awet muda.

6. Menurunkan glukosa dan kolesterol darah

Madu adalah alternative pemanis  yang paling aman dibandingkan gula atau gula sintetis. Meskipun lebih manis dari gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap ke dalam aliran darah secara bertahap. Anda yang memiliki diabetes, harus mengurangi makanan berindeks glisemik tinggi karena mendorong lonjakan glukosa darah. Beberapa penelitianbahkan menduga madu dapat menurunkan glukosa darah. Mineral dan vitamin alami dalam madu juga membantu menurunkan kadar LDL ( kolestrol buruk) dalam tubuh.

7. Madu untuk Membunuh kuman

Kandungan gizi yang luar biasa antara lain asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit. Madu mengandung zat antibiotik yang berguna untuk mengalahkan kuman patogen penyebab panyakit infeksi. Mengikuti bangsa mesir kuno setelah menempuh kajian untuk menemukan fakta ilmiah, salep madu untuk luka kini di produksi di Australia.

 

Artikel ini dibuat oleh Julita