washing machine

Sebagaimana perangkat elektronik lain di rumah, mesin cuci juga menjadi aus seiring perjalanan waktu pemakaian. Perawatan mesin cuci secara teratur bisa menjadi solusi untuk membuatnya lebih awet, namun masa hidup mesin cuci pada umumnya telah ditentukan oleh pabrik ketika mesin tersebut diproduksi.

Masa garansi bisa menjadi salah satu indikator daya tahan mesin cuci. Semakin panjang masa garansi suatu merek mesin cuci, semakin panjang pula masa hidupnya karena produsen merek tersebut berani menjamin kinerja mesin cuci hingga usia tertentu.

Sudah menjadi rahasia umum pula bahwa kebanyakan barang elektronik keluaran lama diproduksi untuk pemakaian jangka panjang dengan masa garansi hingga mencapai seumur hidup. Demikian juga dengan mesin cuci. Mesin cuci keluaran lama memiliki masa hidup minimal 10 tahun. Beberapa merek bahkan bisa bertahan hingga usia 30 tahun. Sebagai konsekuensinya, mesin cuci keluaran lama jauh lebih mahal dan tidak bisa menjangkau konsumen secara luas.

Meskipun ada merek-merek tertentu yang masih mempertahankan produksi mesin cuci super tangguh, kebanyakan mesin cuci keluaran baru didesain untuk masa pakai rata-rata lima tahun tergantung beban kerja. Pada keluarga besar di mana frekuensi pemakaian mesin cuci lebih tinggi, masa hidup mesin cuci keluaran baru bisa jadi kurang dari lima tahun. Berita baiknya adalah mesin cuci keluaran baru lebih murah dan terjangkau konsumen yang lebih luas karena diproduksi secara massal. Hal ini berlaku baik untuk harga mesin cuci front loading (bukaan depan) maupun untuk harga mesin cuci top loading (bukaan atas).

Saran Memilih Mesin Cuci

Harga mesin cuci keluaran baru yang lebih rendah dibanding mesin cuci keluaran lama menjadikan biaya reparasi mesin cuci rusak juga menjadi semakin tidak ekonomis. Kerusakan mesin cuci keluaran baru bisa jadi melibatkan komponen utama yang perlu diganti. Harganya ditambah dengan ongkos layanan reparasi bisa jadi mendekati harga mesin cuci baru. Suku cadang mesin cuci memang masih diproduksi, tetapi sebagai efek samping produksi massal mesin cuci berharga lebih terjangkau, biaya produksi suku cadang pun menjadi lebih tinggi.

Jarang sekali produsen mesin cuci menyebutkan jumlah putaran maksimum yang bisa diharapkan dari sebuah produk sepanjang masa hidupnya. Padahal hal ini akan bisa menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih sebelum membeli. Dengan demikian, saran yang paling masuk akal adalah hindari membeli mesin cuci murah jika mesin tersebut akan dipakai untuk beban kerja berat, misalnya untuk keluarga besar yang sering mencuci banyak pakaian.

Berbagai tips lain untuk memilih dan membeli mesin cuci, termasuk kisaran harga mesin cuci front loading dan top loading, terangkum di situs Rinso atau sumber-sumber kredibel lainnya.

Penuaan mesin cuci lebih terkait dengan frekuensi pemakaiannya, bukan masa antara mesin tersebut diproduksi dan keberadaannya saat ini. Semakin sering mesin digunakan, semakin cepat aus pula komponen di dalamnya. Meski begitu, bukan berarti mesin cuci yang jarang dipakai akan otomatis berumur lebih panjang. Perawatan luar dalam dan pengoperasian yang sesuai kapasitas membantu mesin cuci bekerja optimal. Dan yang terpenting adalah memilih mesin cuci yang sesuai kebutuhan.