indian food festival

indian food festival

Diwali/Deepavali ditandai sebagai suatu perayaan untuk menyambut tahun baru umat Hindu berdasarkan pada kalender Hindu. Menurut kalendar Hindu, setiap bulan baru dimulai setelah bulan purnama, oleh karena itu perayaan festival ini sangat beragam dari tahun ke tahun. Perayaan Diwali yang berasal dari India ini juga dikenal dengan perayaan Deepavali di bagian selatan negara India, festival ini sangat identik dengan kemeriahan kembang api, cahaya lampu dan juga dipercaya untuk memperkuat ikatan keluarga dan teman. Diwali bagi umat Hindu identik dengan Lakshmi Puja, yaitu pemujaan terhadap Dewa kekayaan dan kemakmuran. Untuk merayakan Diwali dimana makanan merupakan salah satu hal terpenting dalam festival penuh warna ini, Cafe Gran Via, Coffee Shop 24 Jam dengan konsep prasmanan (buffet) internasional menghadirkan Indian Food Promotion, yang digelar di Open Kitchen Station khusus India dari tanggal 20 sampai 30 Oktober 2014. Selama promosi Diwali, tersedia prasmanan untuk makan siang dan malam, baik untuk tamu yang melakukan pemesanan individu atau grup , dilengkapi dengan variasi hidangan khas India, terutama hidangan khas Diwali dengan cita rasa yang tinggi dan memberikan cita rasa asli India.

indian food

“Tim Chef dari Cafe Gran Via bekerja keras untuk mendapatkan bahan-bahan herbal terbaik, rempah-rempah, sayuran segar dan daging premium untuk mempersiapkan hidangan otentik India. Kami selalu menggunakan daging segar, sehingga memberikan rasa yang sangat lezat. Itulah alasan mengapa sajian daging domba dan ayam kami menjadi favorit para tamu, terutama untuk Tandori Lamb Chop dan Chicken Tikka yang tidak boleh dilewatkan” kata Ratna Sjamsiar Idris, Director of Marketing & Communications Gran Melia Jakarta.

indian food

Salah satu karakteristik yang paling dikenal dari hidangan India adalah karena rasanya yang kaya akan rempah-rempah dan sayuran dalam penyajiannya. Dari seluruh masakan di dunia, hidangan India merupakan salah satu hidangan yang sangat beraroma dan penuh warna. Masakan India juga sangat beragam seperti halnya keragaman budaya, agama, geografi, iklim dan tradisi yang dimiliki India. Hal tersebut dikombinasikan menjadi satu untuk dapat menciptakan hidangan khas India yang kaya akan rasa. Dengan keanekaragaman masakan khas India, Gran Melia Jakarta menawarkan variasi hidangan tradisional khas India, yang secara khusus di sajikan oleh Executive Sous Chef Apep Hendrawan yang juga memimpin tim Chef dari Cafe Gran Via, untuk rotasi menu prasmanan India selama perayaan festival Diwali, termasuk Murk Handi Biryani, Goan Fish Curry, Ajwaini Tandoori Salmon, Dal Hiderabdi, Bhindi do Pyaza, Sooji Halawan, Gulab Jamun, Rasgula Rasmalai, Lamb Roganjosh, Aloo Palak, Jeera rice, Masala dosa, Badami Prawan Masala, Hara Bhara Kebab, Chicken Tikka, Prawn Kowilada, Masala Tea dan lain sebagainya. “Kami berusaha untuk menyediakan ragam pilihan hidangan untuk para tamu kami.

indianfood5

Hidangan India sudah sangat terkenal di seluruh mancanegara, oleh karena itu kami memilih untuk menyelenggarakan Indian Food Promotion. Popularitasnya berasal dari rasa lezat yang dapat dengan mudah diadaptasi oleh orang-orang dari seluruh dunia. Kami menyelenggarakan promosi ini juga untuk merayakan hari yang penting bagi umat Hindu, yaitu Diwali / Deepavali. Dengan demikian, Gran Melia dapat menjadi pilihan tempat yang tepat untuk merayakan hari libur Diwali bersama keluarga”, Jelas Ratna Sjamsiar Idris, Director of Marketing & Communication Gran Melia Jakarta.

indianfood2

Selama perayaan Diwali, hidangan penutup khas India yang sangat populer tersedia dalam menu prasmanan, termasuk Jalebi, yang merupakan adonan berbentuk spiral yang digoreng dan dilapisi oleh sirup gula dan berwarna oranye. Gulab Jamun yang merupakan adonan yang digoreng berbentuk bola dan juga dilapis oleh sirup gula, Rasmalai- hidangan penutup khas Bengali yang terdiri dari bola paneer lembut yang direndam dalam susu, serta Rasgulla yang disebut sebagai makanan penutup paling populer di India.

indianfood4

Masakan India Selatan memiliki rasa yang lebih pedas dibandingkan dengan masakan India Utara. India utara selalu menggunakan tomat untuk menampilkan rasa asam sementara India Selatan pada umumnya menggunakan Tamarin. Masakan India Selatan lebih cenderung untuk para vegetarian dibandingkan dengan masakan India Utara. Hidangan sayuran merupakan hidangan yang umum di selatan, dan nasi merupakan makanan pokok. Sementara itu di Utara, nasi seringkali diganti oleh roti.

roti khas

roti khas india

Keduanya memiliki cita rasa yang sama lezatnya. India Utara merupakan tipikal hidangan pedas dari Persia/Afgahanistan/Timur Tengah. Lain halnya dengan India Selatan yang memiliki kesamaan dengan hidangan Thailand namun tanpa menggunakan kecap atau pengaruh rasa hidangan khas China. Indian Food Promotion di Cafe Gran Via akan mengkombinasikan aspek tersebut untuk membuat Festival Sajian Khas India ini menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Stay connected:
Like us on Facebook: facebook.com/granmeliajkt
Follow us on Twitter: @granmelia_jkt

For press contact:
Ratna Sjamsiar Idris
Director of Marketing & Communications
[email protected]
Ph. +62 5268080 Ext. 2215
Fx. +62 5268181

 

Oleh: Nasrullah Taufik