mencuci mobil

mencuci mobil

Sebelum Anda melakukan perjalanan jauh seperti mudik saat lebaran atau liburan panjang ke luar kota, tentunya Anda sudah mempersiapkan dan melakukan perawatan mobil Anda sedari awal. Tetapi, mengecek kondisi mobil sepulang dari perjalanan, saat badan masih terasa lelah, ditambah dengan keharusan masuk kerja dan beraktivitas lagi di keesokan harinya, bukanlah hal yang mudah dilakukan. Walaupun demikian, ada baiknya kita melakukan hal-hal singkat di bawah ini untuk memeriksa kondisi mobil kita secara umum, sehingga kita bisa segera melakukan perbaikan-perbaikan yang dibutuhkan.

Bersihkan bodi luar

Perasaan gembira bertemu dengan sanak saudara saat Anda sampai ke tujuan atau bersilaturahmi bersama keluarga tentunya membuat mencuci mobil menjadi hal terakhir yang ada di jadwal Anda. Hal ini akan membuat mobil Anda menjadi kotor setelah lama tidak dicuci. Tidak ada salahnya jika Anda pulang ke rumah beberapa hari sebelum kembali bekerja, Anda menyempatkan diri untuk mencuci mobil. Jika masih ada sisa-sisa tenaga, mencuci sendiri di rumah merupakan pilihan yang ekonomis. Tetapi jika Anda sangat lelah dan ingin untuk cepat beristirahat bersama keluarga, manfaatkan jasa pencucian mobil yang banyak tersedia. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian dalam mobil dari kotoran, noda-noda dan remahan biskuit anak Anda yang berjatuhan.

Saat mencuci mobil, mungkin Anda akan melihat kotoran yang sudah menempel atau kaca mobil yang berjamur. Bisa jadi kotoran ini sudah menempel sejak lama, akan tetapi perjalanan yang jauh mungkin membuatnya tambah kotor. Anda mungkin perlu melakukan perawatan mobil yang lebih detail nantinya.

Periksa kondisi mobil Anda

Kondisi jalanan yang berdebu, padat, dan terkadang rusak dan berlubang, ditambah dengan jumlah penumpang dan barang bawaan yang banyak, membuat mobil Anda bekerja lebih berat dari biasanya. Sesampainya di rumah, periksa fungsi kopling, rem, dan aki Anda kembali, apakah masih berfungsi dengan baik? Perhatikan juga kondisi ban dan kaki-kaki mobil Anda dan lihat jika ada kerusakan yang tampak. Selain itu, Anda juga harus melihat kondisi oli Anda, jika sudah sangat encer dan berwarna hitam, itu saatnya untuk diganti. Walaupun tiap produsen menyarakan jumlah kilometer tertentu sebelum mengganti dengan oli yang baru, tetapi tidak ada salahnya mengganti oli sehabis perjalanan jauh dengan kondisi jalanan yang berat tanpa berpatokan pada jumlah kilometer.

Kalau memang terjadi tanda-tanda kerusakan, jangan dipaksakan untuk menggunakan mobil tersebut. Mungkin bukanlah hal yang ideal di hari pertama kembali bekerja Anda harus menggunakan bus atau taksi untuk pergi ke kantor, tapi keselamatan adalah hal yang utama. Untuk memeriksanya lebih lanjut dan menghindari kerusakan yang lebih besar, akan lebih baik jika Anda serahkan perawatan mobil Anda ke bengkel resmi atau bengkel yang ditunjuk oleh pemegang merek. Selain bergaransi, Anda juga mendapat jaminan keaslian suku cadang yang dijual. Tips: telepon terlebih dahulu pihak bengkel resmi untuk membooking jadwal servis mobil Anda. Ini bisa juga dilakukan sebelum Anda melakukan perjalanan. Banyak bengkel yang sudah menerapkan sistem booking ini, jika Anda datang langsung mungkin Anda akan mendapatkan antrian terakhir atau bahkan tidak bisa dikerjakan hari itu juga. Bengkel resmi biasanya sudah dilengkapi dengan ruang tunggu yang nyaman, sehingga Anda duduk santai beristirahat sambil melihat foto-foto indah perjalanan Anda.

Pengalaman yang indah bersama keluarga selama perjalanan akan terasa lebih manis jika Anda dapat kembali beraktivitas dengan lancar setelah pulang kembali ke rumah.

 

Artikel oleh Banyu