kram kaki

kram kaki

Ketika kram sering terjadi, bisa jadi tanda kekurangan mineral penting atau vitamin. Kram otot, atau kejang, terjadi ketika salah satu dari otot-otot tanpa sadar berkontraksi kuat, menjadi kaku dan tidak mampu menjadi lemas segera. Kram otot di jari-jari kaki bisa berlangsung selama beberapa detik hingga 15 menit atau lebih. Tentu hal ini menyebabkan rasa sakit yang luar biasa dan ketidaknyamanan. Umumnya kram kaki tidak perlu dikhawatirkan. Berikut Sharingdisini beberapa penyebab kram kaki yang paling umum.

Kekurangan Kalium

Kalium adalah mineral elektrolit, yang membantu melakukan impuls listrik di seluruh tubuh Anda. Kalium berperan penting dalam menjaga detak jantung Anda,selain itu juga berdampak langsung pada kontraksi otot polos. Ketika kadar kalium kurang, Anda dapat mengalami kram otot yang parah, yang dapat mempengaruhi jari kaki, kaki, dan tangan. Kekurangan Kalium biasanya merupakan hasil dari kelebihan keringat atau hilangnya kalium dalam usus atau urin sebagai akibat dari mengambil insulin, kortikosteroid, antasid dan obat diuretik. Sumber makanan kalium meliputi pisang, jus jeruk dan kentang.

Kekurangan Kalsium

Kekurangan kalsium, atau hipokalsemia, juga dapat menyebabkan kram parah pada jari-jari kaki. Menurut Merck Manual, 99 persen kalsium tubuh Anda disimpan dalam tulang Anda. Namun, sel-sel darah dan otot rangka juga membutuhkan kalsium untuk berfungsi dengan baik. Ketika kadar kalsium turun, hormon paratiroid dilepaskan, menandakan tulang akan melepaskan kalsium ke dalam aliran darah Anda. Jika Anda tetap kekurangan kalsium untuk waktu yang panjang, akhirnya mempengaruhi jantung dan rangka otot Anda, sehingga denyut jantung tidak teratur dan kram otot yang parah. Penyebab hipokalsemia salah satunya karena menurunnya kerja kelenjar paratiroid, penyakit ginjal, kekurangan vitamin D, kekurangan magnesium serta pengaruh komsumsi obat-obatan tertentu.

Kekurangan Vitamin D

Tubuh Anda tidak dapat memproduksi vitamin D sendiri. Untuk menghasilkan vitamin D, tubuh memerlukan paparan rutin sinar UVB dari sinar matahari untuk mensintesis cholecalciferol, atau vitamin D3, di dalam kulit Anda. Vitamin D memainkan peran penting dalam penyerapan kalsium dari saluran pencernaan. Bila Anda kekurangan vitamin D, tidak cukup kalsium diserap, yang dapat menurunkan kadar kalsium dalam aliran darah Anda. Tingkat kalsium yang rendah menyebabkan kram parah pada jari-jari kaki. Mendapatkan cukup sinar matahari setiap hari di pagi hari, tanpa tabir surya, adalah cara terbaik untuk menghindari kekurangan vitamin D. Selain sinar mathaari pagi, Anda bisa mendapatkan vitamin D dari susu dan sarapan sereal.

Kekurangan Magnesium

Menurut Oregon State University, 27 persen dari magnesium dalam tubuh Anda ditemukan dalam sel otot Anda. Kekurangan magnesium dapat menyebabkan kadar kalsium dan vitamin D menurun, sehingga terjadi kram otot parah di jari-jari kaki Anda. Kekurangan magnesium biasanya disebabkan oleh gangguan pencernaan yang mempengaruhi penyerapan nutrisi, alkoholisme dan diabetes. Usia lanjut juga dapat menjadi faktor. Magnesium banyak terkandung pada makanan, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, bayam dan pisang.

Jika kram kaki seringkali datang dan dalam duarasi yang lama, tak ada salahnya jika Anda berkonsultasi pada ahli medis.