tirai kamar mandi

Desain yang lebih bervariasi pada tirai berbahan plastik menjadi pilihan sebagian rumah tangga untuk kamar mandi pancuran (shower). Selain desainnya, tirai berbahan plastik disukai karena kebanyakan warnanya yang tembus pandang sehingga memberikan kesan luas di dalam kamar mandi. Tirai kamar mandi berfungsi utama untuk memisahkan area basah, yaitu area shower, dari area kering di luarnya. Dengan begini, lantai dan dinding pada area kering akan tetap bebas dari percikan air.

Mengingat tempatnya yang bersentuhan langsung dengan air, tirai kamar mandi sangat mudah menjadi kotor oleh jamur akibat kelembapan lokasi, kerak kapur karena kesadahan air, dan busa sabun yang mengering. Belum lagi sel-sel kulit mati dari tubuh manusia. Jamur pada tirai yang biasanya berwarna jingga, abu-abu, atau cokelat bisa berkembang biak jika dibiarkan. Pemandangan bersih yang semula ingin dihadirkan melalui tirai plastik bening bisa rusak akibat kotor ini. Meskipun tidak mahal, membeli tirai plastik baru terlalu sering bisa menambah pengeluaran dan limbahnya juga bisa merusak lingkungan. Kombinasikan standar cara mencuci dengan mesin cuci dari berbagai sumber tepercaya dengan tips berikut ini untuk membersihkan tirai plastik tanpa bersusah payah menyikat dan merendam.

Mencuci Tirai Plastik dengan Mesin Cuci

Sebelum memulai, lepas tirai plastik dari rel atau penggantungnya. Deterjen, bubuk, baking soda, dan dua handuk tahan luntur diperlukan untuk proses pencucian tirai plastik. Serta tentu saja mesin cuci. Masukkan tirai dan kedua handuk ke dalam tabung mesin cuci. Handuk diperlukan karena serat-serat kasarnya akan membantu menciptakan gesekan untuk menyikat noda-noda jamur, kapur, dan sabun kering agar lepas dari permukaan tirai plastik. Selain itu, handuk juga menjadi peredam efek putaran mesin cuci terhadap tirai plastik yang sensitif.

Tambahkan deterjen dan secangkir bubuk baking soda melalui laci deterjen pada mesin cuci atau langsung ke dalam tabung mesin cuci. Deterjen bubuk atau cair bisa digunakan sesuai dengan mesin cuci yang dipakai. Deterjen bubuk cocok untuk mesin cuci bukaan atas. Sedangkan deterjen cair cocok untuk mesin cuci bukaan depan. Bubuk baking soda bersifat abrasif bagi jamur. Bahan ini akan membantu mengikis jamur-jamur pada saat serat-serat handur menggosoknya. Kombinasi deterjen dan baking soda dalam cara mencuci dengan mesin cuci ini bertujuan memberikan aroma segar pada hasil cucian tirai. Hindari penggunaan cairan pelembut dan pewangi pakaian ketika mencuci tirai plastik.

Atur mesin cuci untuk tingkat kecepatan putaran rendah. Periksa label pada tirai plastik untuk memastikan pengaturan mesin cuci yang lebih cocok untuk bahan yang bersangkutan, termasuk suhu air yang diperlukan. Jika tidak yakin, air bertemperatur 30 derajat aman digunakan. Jalankan mesin cuci dan tuntaskan satu kali pencucian.

Setelah selesai, segera keluarkan tirai plastik dari mesin cuci dan gantung kembali pada rel atau penggantungnya di kamar mandi dan biarkan sisa-sisa airnya meniris. Menggantung kembali tirai pada relnya segera setelah mencuci akan mengeringkan tirai secara alami dan mengembalikannya ke bentuk semula. Penggunaan mesin pengering tentu saja tidak dianjurkan untuk mencegah plastik meleleh. Cara mencuci dengan mesin cuci ini juga sekaligus mencuci kedua handuk yang dipakai dalam proses pencucian tirai. Keduanya bisa langsung dikeringkan.

 

Artikel oleh Banyu

Keywords:

  • menghilangkan jamur pada bahan pvc