gorden

Gorden dapat menentukan nuansa sebuah ruangan di dalam rumah. Oleh karena itu kita perlu memilih warna, motif, dan bahan gorden yang tepat. Banyaknya model yang ditawarkan tentu membuat kita kebingungan untuk memilih gorden yang tepat. Memilih gorden memang perkara yang susah-susah gampang. Berikut ini adalah dua hal yang perlu diperhatikan untuk memilih gorden yang tepat.

Tentukan Bahan Gorden

Untuk bahan gorden sendiri jenisnya juga berbeda-beda dan umumnya memiliki ciri khas masing-masing.

Beberapa bahan yang sering dipakai dalam pembuatan gorden antara lain lamborgini yang memiliki sifat lentur. Selain itu juga bahan yang ringan seperti katun, satin, linen atau poliester. Jenis lainnya adalah beludru, organza dan paloma yang lebih berat.

Rasakan bahan dengan tangan untuk mengetahui ketebalan dan “jatuh”-nya saat digantung.Kualitas gorden ditentukan oleh model, ukuran, serta bahan yang digunakan.

Pilih Warna Gorden

Setelah memilih bahan gorden yang diinginkan, langkah selanjutnya adalah memilih warna gorden yang senada dengan warna dinding atau perabot dalam ruangan.

Pilihan warna gorden juga bisa disesuaikan dengan desain rumah, misalnya untuk rumah gaya klasik kita bisa memilih model gorden yang agak rumit.

Sedangkan untuk gorden rumah minimalis tentu saja kita harus memilih gorden model minimalis, contohnya gorden warna tunggal (polos) dilengkapi smocked ring yang terkesan simpel. Atau bisa juga menggunakan gorden jenis vitrase warna putih dengan model menyerupai kupu-kupu. Intinya pilihan gorden yang tepat bisa kita dapatkan jika ada kesesuaian warna, motif, dan model dengan ruangan di sekitarnya.

Satu lagi yang kerap dilupakan adalah banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan yang akan dipasang gorden. Sinar matahari mempercepat proses pudarnya warna kain pada gorden. Oleh karena itu, hindari pemilihan warna-warna terang pada gorden Anda kalau memang ruangan tersebut menghadap langsung ke matahari.

Membeli Gorden di Toko

Sekarang ini Anda dapat membeli gorden di toko yang sudah siap gantung atau memesan gorden yang sesuai dengan keinginan Anda.

Tentunya pilihan kedua akan dapat lebih sesuai selera, namun memang lebih mahal. Selain itu, kalau Anda terburu-buru, misalnya membutuhkan gorden baru terpasang karena akan mengadakan acara di rumah, maka memang gorden siap gantung akan lebih tepat untuk Anda.

Nah kalau sudah menentukan pilihan gorden, jangan lupa untuk memberikan perawatan bagi gorden-gorden Anda saat membersihkan rumah dengan cara rutin mencuci dan menggantinya karena debu dan kotoran yang tidak terlihat dapat dengan mudah menempel pada gorden-gorden tersebut. Terkadang kita terlewatkan untuk juga membersihkan gorden pada saat membersihkan rumah dan perabotannya.

Selain itu penting juga untuk menjaga kebersihan jendela Anda. Jangan sampai jendela rumah kita sudah dibingkai dengan gorden yang cantik tetapi jendelanya malah kotor. Untuk mengetahui cara selengkapnya untuk membersihkan jendela dan tips umum membersihkan rumah lainnya Anda bisa mengunjungi Bersih bersih. Semoga tips di atas dapat membantu Anda memiliki gorden yang indah dan sesuai untuk rumah Anda.

 

Artikel oleh Banyu.

 

Keywords:

  • warna gorden yang cocok untuk dinding kuning
  • warna gorden untuk dinding putih