jersey

Sepakbola tidak bisa dipungkiri adalah olahraga yang paling digemari di Indonesia. Olahraga ini dimainkan baik di pelosok desa maupun di kota besar oleh berbagai kalangan. Coba kita lihat jika turnamen sepakbola besar seperti piala dunia atau liga champions sedang berlangsung, antusiasme penggemar sangat tinggi dan tidak peduli jika harus melek hingga pagi hari untuk menyaksikan tim atau negara favorit mereka sedang berlaga. Bagi para penggemar berat sepakbola, memiliki jersey merupakan hal yang wajib, baik untuk bermain sepakbola di lapangan maupun hanya sekedar nonton bareng di cafe. Sebenarnya apa sih yang membuat jersey ini sangat disukai oleh fans sepakbola? Apa karena desainnya yang menarik, bahannya yang berkualitas, atau ada alasan lain?

Koleksi Sekaligus Investasi

Animo para penggemar berat klub sepakbola yang saat tinggi sering dimanfaatkan oleh produsen pakaian olahraga untuk memproduksi jersey dengan desain yang berbeda setiap tahunnya dalam rangka meningkatkan penjualan. Salah satu alasan para penggemar bola membeli jersey adalah untuk koleksi. Tidak seperti pakaian jenis lain pada umumnya yang mungkin tidak mempunyai nilai jual setelah kita pakai, jersey dapat mempunyai nilai lebih, bahkan dalam keaadaan bekas. Tentunya tidak semua jersey akan mempunyai nilai tinggi nantinya. Syarat pertama adalah jersey tersebut harus original karena banyak sekali jersey palsu atau kualitas rendah yang beredar di pasaran. Hal kedua yang dapat membuatnya lebih mahal adalah untuk jersey-jersey tertentu yang diproduksi dengan kuantitas yang terbatas, langka, klasik atau terdapat tanda tangan pemain di jersey tersebut. Tapi yang jelas, yang dapat meningkatkan harga jersey itu sendiri adalah jika dalam kondisi yang sangat baik. Oleh karenanya penting untuk mengetahui cara membersihkan dan merawatnya sehabis digunakan.

Menjaga agar Kondisi Tetap Prima

Nah, agar jersey kesayangan Anda tetap dalam kondisi prima dalam waktu yang sangat panjang, Anda harus mengetahui cara merawatnya, dari cara mencuci jersey hingga menyimpannya dengan benar. Sehabis menggunakan, kita harus segera membersihkannya agar kotoran-kotoran tidak melekat di serat kain. Tentunya untuk jersey yang hanya digunakan nonton bareng kotoran tidak akan terlalu banyak, kecuali jika Anda menumpahkan minuman ke jersey Anda! Tapi jika Anda menggunakannya untuk bermain sepakbola terlebih di lapangan rumput pada saat hujan turun, noda lumpur dan tanah mungkin tidak dapat dihindari. Anda bisa klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai cara menghilangkan noda lumpur.

Cara mencuci jersey tidak harus dilakukan dengan tangan, namun juga dapat dilakukan dengan bantuan mesin cuci. Sebelum mencucinya pastikan Anda mengacu kepada label perawatan agar sesuai dengan saran dari produsen:

  • Akan lebih baik mencuci jersey bersamaan dengan jersey lainnya, mencucinya dengan pakaian lain terlebih yang memiliki aksesoris atau pengait berbahan keras (seperti kancing besi pada celana jeans), akan meningkatkan resiko kerusakan. Balik bagian dalam jersey keluar untuk menghindari bagian sablon bergesekan dengan dinding mesin cuci
  • Gunakan deterjen lembut berkualitas baik dengan takaran yang dianjurkan. Hindari menggunakan pemutih atau pelembut karena dapat terperangkap di serat kain. Pada saat mencuci, Anda dapat menggunakan putaran mesin cuci normal (regular cycle) dengan suhu dingin. Hindari penggunaan suhu air yang panas karena dapat membuat kain menjadi mengkerut. Pada model-model mesin cuci tertentu, terdapat siklus khusus untuk mencuci jersey atau pakaian olahraga yang dapat Anda manfaatkan.
  • Saat hendak menjemurnya, balik kembali jersey seperti semula untuk menghindari sablon melekat pada bahan saat dijemur. Jangan mengeringkan jersey Anda di dalam mesin pengering, keringkan jersey dengan memanfaatkan sinar matahari. Tidak disarankan untuk menyetrika jersey, namun jika jersey Anda dalam keadaan sangat lecek (dan di dalam label perawatan diperbolehkan untuk disetrika), gunakan suhu yang rendah dengan menggunakan alas diantara dasar setrika dan jersey.
  • Pada saat menyimpannya di dalam lemari, perhatikan gantungan pakaian yang dipakai. Gantungan pakaian berkualitas kurang baik dapat meninggalkan bekas tonjolan di bagian bahu jika disimpan dalam jangka waktu lama.

Dengan mengikuti tips di atas, niscaya kondisi jersey Anda akan bersih dan tak lekang waktu.

 

Artikel oleh Banyu.