Baju-Wanita-Ukuran-Jumbo

Saat kita membuka lemari pakaian kita, kemungkinan besar kita akan melihat beragam jenis pakaian dari bermacam-macam bahan di dalamnya. Tapi tahukah Anda cara merawatnya yang benar? Pakaian yang berbeda bahan, biasanya membutuhkan perawatan yang berbeda juga. Dari merawat pakaian dalam berbahan lembut hingga cara merawat jaket kulit dan bahan lainnya, ada baiknya kita mengetahui tips-tips berguna di bawah ini. Jangan lupa, selalu ikuti label perawatan yang ada di pakaian atau aksesoris Anda dan coba dahulu metodenya di bagian kecil yang tersembunyi untuk mengurasi resiko terjadinya kerusakan.

Bahan Katun

Katun adalah bahan yang paling banyak digunakan pada pakaian sehari-hari, termasuk pakaian kerja dan pakaian santai kita. Bahan jenis ini termasuk sangat mudah untuk dirawat dan relatif tahan lama. Untuk bahan katun, mencucinya dengan mesin cuci pada siklus cepat (quick cycle) dan suhu dingin atau hangat biasanya sudah cukup baik, Selain itu, Anda juga bisa mencucinya dengan siklus khusus untuk katun. Hindari penggunaan bahan pemutih jika tidak terlalu dibutuhkan, karena pemutih dapat melemahkan serat-serat katun dan membuatnya cepat rusak. Untuk pengeringannya, akan lebih baik jika dikeringkan dengan dijemur dengan memanfaatkan sinar matahari. Saat Anda hendak menyimpannya, gantung pakaian dengan menggunakan gantungan baju untuk menghindari terjadinya kerutan atau lipatan-lipatan.

Pakaian Berbahan Kulit                   

Bahan kulit bisa terbuat dari kulit sintetis maupun kulit asli.Tentunya, semakin berkualitas bahannya akan semakin tinggi juga harganya. Oleh karena itu tidak ada salahnya kita memberikan perhatian lebih saat membersihkannya. Merawat pakaian berbahan ini ternyata tidak sulit jika kita tahu caranya. Untuk noda yang tidak terlalu berat, cukup membersihkannya dengan menggunakan lap yang lembut. Jika nodanya lebih berat, kita dapat mengusapkan kain bersih yang telah diberi produk pembersih yang lembut seperti deterjen lembut, sampo bayi atau cairan pencuci piring. Setelah itu seka dengan kain bersih sekering mungkin untuk menghilangkan sisa-sisa sabun dan biarkan mengering secara alami. Membawanya ke binatu adalah salah satu cara merawat jaket kulit atau pakaian berbahan kulit lainnya, terutama jika kotoran sudah meresap ke dalam bahan. Untuk merawatnya secara berkala, kita dapat mencoba memberinya pelembab atau kondisioner khusus bahan kulit yang dijual di toko-toko perangkat. Jika Anda lebih menyukai sesuai yang alami, minyak zaitun atau minyak kelapa juga bisa digunakan.

Bahan Halus

Ini merupakan bahan pakaian yang sering digunakan pada pakaian wanita, khususnya pakaian dalam maupun aksesoris berenda. Bahan halus seperti sutra dan wol sangat rentan untuk rusak, beberapa model bahkan disarankan untuk hanya dicuci dengan tangan. Oleh karenanya jika Anda memilih untuk mencucinya di mesin cuci dengan siklus delicate, jangan lupa untuk memasukkannya ke dalam jaring cuci terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan dengan dinding mesin cuci secara langsung. Sama halnya seperti bahan katun, keringkan bahan halus dengan cara dijemur. Hindari penggunaan mesin pengering karena dapat membuatnya rusak atau menciut.

Semoga tips-tips ini dapat berguna agar pakaian Anda dengan beragam jenis bahan dapat selalu bersih, wangi dan terawat.

 

Artikel oleh Banyu

 

 

 

 

Keywords:

  • memakai pakaian berbahan lembut digunakan untuk menghindari peradangan
  • pakaian berbahan lembut digunakan untuk menghindari peradangan
  • pakaian lembut menghindari peradangan