Tron Dance

Seiring dengan perkembangan zaman manusia telah membuat banyak innovasi-innovasi baru dalam bidang-bidang berbeda agar hal tersebut menjadi lebih efisien atau menarik, begitu pula dalam dunia seni tari. Tron Dance adalah jenis tarian yang menggunakan kostum khusus yang terbuat dari elwire atau juga disebut electroluminescent aka neon wire. Kostum ini didesign sedemikian canggihnya sehingga penari dapat mematikan dan menyalakan kabel neon dibagian-bagian tubuh berbeda sehingga menciptakan efek yang keren dan juga menakjubkan. Tron dance mendapatkan namanya dari film Tron Legacy yang juga mempertunjukan baju yang mengandung elwire tersebut.

Tron Dance pertama kali dibuat terkenal oleh Wrecking Crew Orchestra (WCO), yaitu street dance crew asal Jepang beranggotakan 8 orang yaitu: Yokoi, Dominique, Hanai, Take, Shohei, Bon, Sawada dan U.U masing-masing merupakan penari-penari handal yang telah menjuarai banyak lomba tingkat nasional dan juga internasional

Tron Dance1

WCO membentuk konfigurasi yang menakjubkan

Tron Dance2

Salah satu sanggar tari di Indonesia bernama Forever Dance Center/Crew (FDC) juga menggarap ide Tron Dance dari WCO ini dan telah berhasil membuat tema tersebut terkenal dikalangan masyarakat Indonesia.

Sangat menarik bukan?

By Antonie Djunaedi