Tradisi Unik Ramadhan

Di Indonesia, bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat semarak sebab jumlah umat muslim di Indonesia merupakan yang paling tinggi di dunia. Bicara ramadhan tentunya tidak hanya Indonesia saja yang merayakan bulan suci ini, orang-orang di berbagai belahan dunia lain juga ikut merayakan ramadhan dengan hal – hal yang kadang unik, berikut diantaranya:

  1. Mesir

Orang – orang di Mesir biasanya akan memasang lampu khusus bernama Fanus. Fanus merupakan lampu tradisional yang biasanya akan dipasang selama bulan Ramadhan. Tradisi memasang lampu ini dimulai sejak jaman dahulu kala pada masa Dinasti Fattimiyah.

  1. Indonesia

Indonesia yang sangat kaya dengan budaya memiliki banyak sekali tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat untuk menyambut Ramadhan. Beberapa tradisi paling umum yang sangat sering ditemui di Indonesia menjelang bulan Ramadhan adalah mandi atau berendam di beberapa lokasi secara massal.Tradisi mandi bersama ini bertujuan untuk membersihkan diri dari berbagai kotoran yang menempel di tubuh dan jiwa sehingga seseorang bisa lebih bersih dan suci ketika menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah ini. Tradisi mandi bersama ini hampir ada di seluruh bagian Indonesia dengan istilah yang berbeda – beda tentunya.

  1. Palestina

Buka bersama sepertinya bukan hal yang luar biasa di Indonesia, namun jika buka bersama dihadiri oleh lebih dari 3000 orang seperti di Palestina, maka hal tersebut bisa disebut luar biasa. Warga Palestina biasa mengadakan buka bersama secara massal dengan jumlah orang yang bisa mencapai 3000 orang. Di acara buka bersama ini dihidangkan makanan khas bernama Falael.

Oleh Dinda Despriya Gitanty