presentation

Di jaman yang serba canggih ini, presentasi adalah sesuatu yang umum dan sering sangat sering dilakukan. Baik dalam lingkungan kerja maupun akademik. Namun, apakah pesan yang kita sampaikan melalui presentasi tersebut dapat diterima oleh audiens dengan baik dan benar? Inilah beberapa tips yang bisa di lakukan sebelum kita memulai presentasi.

Pertama adalah visual. Bagaimana kalian terlihat pada saat hari presentasi. Visual di sini bukan hanya penampilan diri saja, tetapi penampilan kalian keseluruhan dalam membawakan presentasi tersebut. Utamanya adalah pembukaan.  Bagaimana kalian membuka sebuah presentasi. Semakin menarik sebuah pembukaan, semakin tertarik audiens memperhatikan presentasi dari kita. Karena dengan kesan utama itu lah kita mencuri perhatian dari para audiens. Selain itu, usahakan untuk menggunakan pakaian atau aksesoris yang sesuai. Karena, apabila kalian menggunakan pakaian ataupun aksesoris yang berlebihan, fokus audiens akan berpaling kepada hal tersebut. Dan jangan lupa untuk memiliki body languange dan gesture yang sopan, serta lakukan eye contact yang signifikan terhadap audiens kalian.

Kedua adalah intonasi suara. Ketika membawakan sesuatu yang bahagia baiknya kita membawakannya dengan nada yang ceria. Karena akan merepresentatifkan apa yang nantinya akan kita bicarakan. Selain itu, ada baiknya menggunakan suara perut. Karena dengan menggunakan suara perut, suara kita akan terdengar lebih merdu dan lebih enak untuk didengar.

Terakhir yang tak kalah penting adalah konten. Buatlah konten kalian semenarik mungkin. Walaupun topik yang diangkat sedikit klise, namun apabila kalian dapat menstransfernya menjadi konten yang menarik, audiens akan serta merta memperhatikan dengan seksama presentasi kalian. Baik dari isi maupun slide yang kalian gunakan. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan konten kalian dengan audiens yang nantinya akan kalian hadapi.

Itulah tadi ketiga hal yang perlu kalian perhatikan saat akan menghadapi presentasi. Tetapi, ketiga hal tersebut akan tidak berarti, apabila kalian melakukannya dengan tidak percaya diri. Jadi persiapkan diri kalian secara matang agar mendapatkan presentasi yang bagus. Selamat berpresentasi!

by Mirza Ainulia