Diet-on-Vaca-I

Puasa adalah momen yang baik untuk melakukan diet, setidaknya kita  dapat menekan keinginan untuk mengkonsumsi makanan secara berlebihan karena jadwal teratur untuk makan dan minum, yaitu saat sahur dan berbuka. Agar  hasil yang Anda inginkan cukup maksimal, ada beberapa bahan makanan yang dapat membantu diet saat berpuasa. Pertama, air putih. Minum air putih saat sahur atau berbuka membuat tubuh menjadi lebih segar dan kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa menghindari mengkonsumsi makanan manis dengan porsi banyak  saat sahur atau melakukan aksi “balas dendam” saat berbuka.

Kedua, sayur mayur. Saat berpuasa sayuran biasanya dihindari karena nafsu makan lebih cenderung kepada hidangan berkuah dan berlemak seperti daging atau ikan. Padahal sayur menjaga kebutuhan serat dalam tubuh Anda tetap terjaga.  Ketiga, buah-buahan. Jangan malas untuk memakan buah saat sahur, terutama yang mengandung vitamin C, vitamin A, mineral dan zat besi untuk tubuh lebih bugar dan mencegah sembelit.

Bahan makanan yang membantu diet saat puasa yang keempat adalah makanan ringan  sehat seperti kacang-kacangan atau buah yang dikeringkan. Kelima,  yogurt yang berkadar lemak rendah baik dipilih saat sahur. Yogurt mengandung protein yang akan membuat stamina Anda relatif stabil saat berpuasa seharian. Keenam, ikan salmon yang diolah tanpa minyak goreng. Ikan yang menjadi sumber omega 3 ini juga mengandung kalori  cukup banyak, sehingga dapat menjadi cadangan energi ketika anda tidak makan di siang hari.

Ketujuh, ubi. Seperti kentang, ubi juga memiliki serat dan vitamin, tetapi lebih rendah kalori dibandingkan kentang. Mengganti nasi atau kentang dengan ubi dapat menjadi pilihan cerdas dalam berdiet. Karena Anda akan tetap merasakan kenyang walaupun asupan kalori berjumlah lebih sedikit.

Beberapa bahan makanan yang disebutkan di atas dapat membantu diet saat berpuasa. Akan tetapi semua itu tidaklah cukup jika Anda tidak menambahnya dengan olahraga teratur, baik setelah sahur ataupun menjelang berbuka puasa sesuai dengan kebiasaan. Mengatur menu makanan juga pola makan dengan memperhatikan kebutuhan gizi lengkap mulai dari mineral, lemak hingga karbohidrat. Jangan kembali tidur setelah sahur dan konsumsi suplemen bila dirasakan perlu.

By Putu Pande F A