pulau pari

Temen-temen mungkin udah pada tau ya tentang keberadaan pulau yang berada di antara 110 pulau di kepulauan seribu Jakarta.
So buat kamu yang pengen banget liburan hemat tapi galau mau kemana? Ini dia nih jawabannya!

Buat yang udah pernah ke Pulau Pramuka pastinya uda pernah ngelewatin pulau pari. Kalo diliat dari depan sih, udah keliatan banget keindahannya. Mulai dari air laut yg tenang berwarna biru kehijauan, pasir putih juga pohon-pohon di sepanjang dermaga yang menambah warna  di pulau pari ini.

Tips dari saya sih, kalo bertualang ke pulau mendingan pas weekdays, alesannya pertama pasti segalanya disana bakal gak semahal harga weekend (Re:MUREEE!), kedua kalo weekends rame banget jadi ga dapet feelnya gitu deh. Tiket menuju pulau pari dari muara angke bisa dibilang budget friendly banget harga tiketnya aja cuma 35 ribu mannnnn!murah banget kan kalo dibandingin tiket tiket lain ke pulau yang udah popular di Indonesia misalnya bali, derawan, gili dan segala macemnya deh.

Tapi gimana sih cara ke pelabuhan Muara angke? Nah! anggep aja petualangan kali ini start nya dari kampus kita tercinta, kalodari halte karet kita bisa naik bis nomor 213 dengan trayek kampung melayu – grogol, kapasitas bisnya gede kok patas gitu, so gak perlu takut gak muat, lanjut dari grogol kamu bisa naik angkot sampai muara angke. Dan semisalnya kamu rombongan, saya saranin buat charter angkot dengan tarif sekitar 100ribu sekali jalan jadi lebih ekonomis kan pastinya.

Selanjutnya perjalanan yang ditempuh dari pelabuhan muara angke ke pulau pari ya sekitar 2 jam-an lah dan bukan apa apa buat backpacker sejati yang udah tahan banting di segala medan.Cuma kalo kamu mau lebih nyantai dan eksklusif ada pilihan lain dengan kapal cepat yang biasanya berangkat dari dermaga ancol. Yaa… kalo kata pepatah sih, fasilitas menentukan kualitas jadi harga kapal yang satu ini cenderung lebih nguras dompet dibanding tiket kapal di muara angke.

Setibanya di Pari biasanya kita langsung dimanjain oleh keramah-tamahan alam serta penduduknya.sekedar info aja sih penduduk pari itu kebanyakan suku bugis yang ngakunya sih nenek moyangnya seorang pelaut (kok kaya lagu ya?) selain ramah penduduk pulau pari juga kreatif banget. Mereka bareng bareng berusaha mengembangkan pulau pari, dengan cara pembuatan souvernir buat para wisatawan plus tempat tempat wisata yang juga dikelola oleh swadaya masyarakat. Dan satu lagi nih di Pulau Pari sudah tersedia layanan listrik 24 jam jadi gak perlu khawatir gabisa ngecharge gadget buat update status.

Nah Homestay di pulau pari ini sebenarnya adalah rumah warga yang disewakan. Harganya sih berkisar 300ribuan tapi dijamin keamanan dan kebersihannya, Dalam satu rumah biasanya terdiri dari 3 kamar tamu dan gak dipatok kapasitas penghuninya. So semakin rame,semakin murah patungannya. Tapi buat kamu yang pengen balik ke gaya hidup hippies era 70an ada pilihan yang pas nih buat kalian. Di pulau pari khususnya area pantai pasir perawan dan pantai kresek, kamu bisa camping dengan mendirikantenda di bibir pantai, biaya yang dikeluarkan pastinya lebih murah dari pada harus nyewa homestay. Pengelola pantai hanya mengenakan biaya 10ribu/malam.So buat kamu yang pengen ngerasain suasana berkemah dipinggir pantai jangan lupa bawa tenda dan perlengkapannya atau sewa di penyewaan yang sudah disediakan oleh pengelola pantainya.

Walapun spot-spot hang out di pulau pari gak sebanyak di pulau bali tapi tingkat ke-kece-annya dijamin maksimal lah buat memanjakan mata.
Di pulau pari ini, kita juga bisa sewa sepeda seharga 20ribu/hari sebagai alat transportasi buat ngelilingin pulau. Itu artinya gak perlu jalan kaki dari satu tempat ke tempat lain kecuali emang pengen banget hidup sehat sekaligus ngirit.

Kalo ke pari wajib banget nih jalan jalan ke pantai pasir perawan, kalo enggak ibaratnya tuh kaya ke paris tapi gak ke Eiffel tower, gak afdol gitudeh rasanya. Di pantai pasir perawan kita bisa nanem bakau sekalian go green campaign gitu biar lebih menyatu dengan alam, trus bisa sewa sampan sekitar 30ribu sekali puteran buat jalan jalan di sekeliling hutan bakau.Selain pantai pasir perawan di pulau pari kita juga bisa nikmatin sunset di dermaga LIPI,tau LIPI kan? LIPI adalah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Selain itu ada Pantai kresek yang banyaaaaak banget bintang lautnya dan biasanya dijadiin spot buat mancing oleh penduduk pulau pari.

Nah satu lagi nih surga dunia yang bakal kamu temuin, yang hobby snorkeling dan hopping island, karena pulau pari ini dikelilingin 5 pulau yaitu pulau gudus,pulau tengah,pulau burung indah,pulau kongsi dan pulau tikus. Harga kapal untuk snorkeling sekitar 300ribu dan makin murah bayarnya kalo penumpang kapalnya makin banyak,selain itu harga sewa alat snorkeling di pulau pari berkisar 30ribuan. Inget ya, jangan lupa bawa waterproof camera buat narsis ala ala putri duyung di tengah laut.Buat urusan perut sih, pulau pari bener bener pas banget di kantong backpacker apalagi mahasiswa. Kuliner di pulau pari emang gak terlalu beragam tapi worth it lah sama harganya yang berkisar 5.000-20.000 rupiah/orang.

Uniknya… Ada peraturan di Pulau Pari yang melarang sampah masuk dari luar pulau. karena itu, pengunjung yang datang ke pulau ini diharuskan membawa kembali sampah yang dibawa! So jangan lupa bawa plastic buat nampung sampah sampah kalian ya. Menikmati keindahan alam di pulau parinya juga jangan lama-lama ya, inget ada kuliah besoknya.

 

Artikel oleh Sukmafarah Aulia

source images: backpackerindonesia.com

Keywords:

  • homestay pulau pari
  • homestay di pulau pari
  • penginapan pulau pari
  • homestay pulau pari 2016 language:id