instagram

Insragram, media social yang satu ini sudah banyak yang menggetahuinya bukan? Yap, betul! Media social yang bisa menampilkan foto dan video di account yang kita punya ini sekarang tidak hanya account milik pribadi saja, justru banyak di manfaatkan oleh para penjual online shop atau biasa yang biasa kita sebut dengan “olshop”. Olshop olshop ini telah menjamur adanya di instagram searah dengan semakin berkembangnya bisnis dan semakin meningkatnya kebutuhan di masyarakat.

Barang barang yang di jual hampir semua ada loh di instagram. Selain itu instagram juga mempermudah pencarian kata dengan memakai tanda “#-hastag”, itu salah satu alasan orang mengapa sangat mudah berbelanja dari instagram.

Foto foto yang menarik juga sering di pakai sebagai jurus jurus untuk memikat mata para customer online shop di instagram.

Saling mengkiklankan barang antara satu online shop ke online shop yang lain, ini juga merupakan cara para online shop meningkatkan followers mereka atau yang biasa di sebut “SFS”.

Menurut “Gina” owner dari olshop NICESHOPS yang menjual fisheye, case handphone, tongsis, dll, “awalnya sih aku hanya coba coba buat bisnis di instagram, tapi setelah semakin kesini aku coba buat seriusin karena permintaan semakin meningkat, apalagi setelah aku sering minta di iklanin di online shop lain, omsetnya naik 2x lipat dari pada aku iklanin di account aku sendiri dan followers menjadi semakin bertambah. Kalau di account aku sendiri, aku mengiklan sekitar 5 kali dalam sehari”, ujar Gina.

Bagi para online shopers, membeli di online lebih mudah dari pada harus beli di toko, jalan, mall. Maka dari itu semakin sering olshop mengiklankan produk mereka, semakin tinggi juga kesempatan banyak online shopers yang melihat dan membeli.

Gina juga menambahkan “aku juga sering mengadakan promo dan kuis yang aku iklankan di accountku dan SFS ke olshop lain, dari situ aku bisa tau bagaimana tanggapan dari para customer tentang NICESHOPS dan tentunya bisa menambah omset. Lalu, keuntungan berbelanja online adalah lebih mudah, kita bisa mengakses dimanapun kapanpun kita mau selagi ada koneksi internet. Barang apa yg kita mau tinggal diketik aja, sedangkan kekurangannya adalah kalau lagi apes bisa aja kita tertipu oleh olshop tersebut, barang yg kita cari gak bisa di lihat secara langsung kecuali kalau kita pake sistem COD (Cash On Delivery), tapi aku gak pake sih soalnya takut susah menyesuaikan jadwal cod an dan jadwal kuliah dll.”

So, bagaimana dengan anda, apakah sudah pernah mencoba membeli di instagram? Tidak ada salahnya untuk mencoba, tapi jangan lupa untuk selalu berhati hati terhadap penipuan ya.

by Rizqi Nurjanah