botl1

Mungkin belum banyak ibu yang mengetahui apa itu Sensory Bottles? Sensory Bottles adalah mainan sederhana yang berasal dari bahan-bahan daur ulang seperti botol kemasan air mineral yang didalamnya diberikan benda-benda seperti beras, kacang merah, macaroni mentah dan masih banyak lagi, sehingga ketika dipegang oleh balita mengeluarkan suara. Sensory bottles ini bertujuan untuk melatih pancaindra balita khususnya untuk penglihatan dan pendengaran yang disebut Discovery Bottles. Dengan balita memegang dan memainkan Sensory Bottles ini, bunyi yang akan dikeluarkan pun berbeda-beda dari setiap botol. Contohnya apabila botol diisi dengan beras, saat balita memegang dan memainkannya maka bunyi yang keluar terdengar lebih halus dibandingkan jika balita memainkan botol yang berisi butiran jagung / kacang merah. Dengan bunyi yang berbeda-beda, balita akan belajar dan mempunyai rasa ingin tahu mengapa bunyi setiap botol berbeda.

botl

Sensory Bottles juga bisa berisi air yang dicampurkan dengan sirup atau pewarna dimana melatih balita untuk membedakan warna yang terdapat di dalam botol. Perlahan-lahan balita akan mencoba mengingat warna yang terdapat di botol tersebut. Mulailah dengan warna yang mencolok seperti merah, biru atau hijau. Dengan warna-warna yang mencolok ini akan menarik perhatian balita. Dan ibupun tentunya turut membantu balita untuk mengingatkan warna yang terdapat di dalam sensory bottles ini.

botl2

Cara pembuatan sensory bottles ini sangat mudah dan memiliki banyak variasi tergantung kreatififtas si Ibu. Seperti yang sudah disebutkan tadi, sensory bottles bisa diisi dengan benda-benda yang akan mengeluarkan bunyi atau diisi dengan air yang dicampurkan pewarna. Yup, untuk kecerdasan balita tak perlu mainan yang mahal-mahal kan? Ibu sendiripun bisa membuatnya dirumah dengan sangat sederhana dan bahan-bahan yang mudah untuk ditemukan. Mainan sederhanapun bisa membantu balita menjadi cerdas. Selamat mencoba para Ibu!

 

 

Dita Pramitasari

Mahasiswi The London School of Public Relations Jakarta