atasi masalah tanpa pertengkaran

Ada yang mengatakan bahwa pertengkaran adalah salah satu “bumbu penyedap” dalam suatu hubungan dan juga pertengkaran adalah hal yang wajar dialami sepasang kekasih, justru yang tidak wajar adalah jika sepasang kekasih atau suami istri tidak pernah bertengkar.

Namun apa yang terjadi apabila sepasang kekasih selalu bertengkar dalam menghadapi masalah-masalah kecil? Pastinya yang terutama adalah hubungan akan menjadi tidak harmonis dan kedua belah pihak akan cenderung mencari orang ketiga sebagai penggantinya.

Kei Savourie, seorang Professional Break-up Coach yang pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini, telah membantu banyak orang lewat website www.putuscinta.com. konseling pribadi  tersebut disebutnya Broken-heart Survival Guide (BSG). Tulisan-tulisannya yang inspiratif mengenai realita dinamika sosial juga telah membuktikan keahliannya di dalam menangani masalah dalam suatu hubungan.

Kei Savourie, dalam seminar “Communication and Relationship Skill in Our Life between Man and Ladies” di STIKOM London School Jakarta, mengungkapkan 4 hal yang dapat dilakukan saat menghadapi masalah dengan pacar agar tidak berujung pada pertengkaran dan masalah yang lebih besar.

 

  1. Monolog

Monolog merupakan cara yang cukup baik untuk meluapkan perasaan. Saatsedang merasa sangat kesal, ambillah waktu dan tempat untuk menyendiri, bicarakan isi hati seluruhnya sehingga kita dapat mengucapkan emosi perasaan yang sulit terucap lewat kata-kata dan bisa juga dengan cara menangis. Setelah emosi keluar, perasaan akan lebih baik dan pikiran akan lebih terbuka.

 

  1. Berkumpul bersama teman-teman agar suasana ramai

Saat mulai terpancing emosi dalam masalah, stop emosi dan katakan pada pasangan bahwa lebih baik masing-masing menenangkan pikiran beberapa waktu. Ajaklah teman-teman hang-out bersama untuk melupakan emosi. Setelah merasa lebih baik, hubungilah kembali pasangan dan bicarakan masalah dengan kepala dingin. Waktu untuk menenangkan pikiran tidak boleh lebih dari sehari karena masalah hanya akan berlarut-larut nantinya.

 

  1. Gym

Gym ataupun olahraga yang mengeluarkan keringat lainnya bagus untuk mengalirkan energi emosi ke arah yang positif. Hal ini lebih baik dibandingkan mengalirkan energi emosi dengan cara marah-marah kepada pasangan. Hal tersebut bagaikan menyiram bensin ke atas api.

 

  1. Diskusi

Terkadang ada masalah yang selalu berputar-putar. Masalah selesai tanpa diskusi dan solusi, lalu terulang kembali dan selalu seperti itu dan hal tersebut dapat bagaikan “drama”. Oleh karena itu, kedua belah pihak baiknya berbicara mengeluarkan pendapat dan jangan hanya diam. Terkadang para kaum hawa karena “ngambek”, lalu melancarkan aksi mogok bicara. Jika seperti itu, akan berpikir bahwa itu berarti sengaja menantang. Keluarkanlah pendapat dengan menggunakan subjek “aku”, bukan “kamu”. Contohnya seperti “aku merasa sekarang kamu udah bosen sama aku”, jangan mengatakan “kamu itu udah bosen sama aku”, karena itu terkesan sebagai tuduhan. Bicarakan masalah baik-baik untuk mendapatkan solusi agar tidak berujung pada pertengkaran dan tidak terulang kembali.

 

 

Writen by: Sisiliana

E-mail: [email protected]

 

Keywords:

  • gambar sepasang kekasih tanpa tulisan