Preschool photo

Pendidikan sangatlah penting bagi anak jaman sekarang. Semakin penting pendidikan, semakin banyak muncul model-model pendidikan untuk anak. Jika dulu anak cukup masuk ke kelompok bermain, sekarang anak sudah dihadapkan dengan berbagai macam pendidikan non formal, salah satunya adalah preschool.

Preschool, atau pendidikan pra sekolah, adalah pendidikan yang diberikan pada anak-anak yang belum masuk ke kelompok bermain. Anak mulai dari usia 6 bulan pun sudah dapat belajar di preschool. Biasanya, anak akan belajar selama dua sampai tiga kali dalam seminggu. Anak diajarkan oleh guru-guru yang sudah terlatih.

Di dalam preschool, anak akan mulai diajarkan bagaimana cara merangkak, berjalan, hingga menulis dengan benar. Selain belajar mengenai akademis, anak juga akan diajarkan mengenai moral yang baik. Lalu, pentingkah preschool bagi anak?

Ada beberapa alasan yang membuat preschool sangat penting bagi anak. Pertama, anak akan diajarkan tentang bagaimana cara berhadapan dengan orang lain. Di preschool, anak akan bertemu dengan teman sebaya dan juga guru-guru. Anak akan belajar bagaimana mengalah pada temannya, bagaimana ia meminta tolong pada gurunya, bahkan sampai mengucapkan terima kasih saat diberi barang.

Kedua, anak akan diajarkan mengenai akademis. Preschool bisa menjadi kunci jawaban yang sangat tepat bagi orangtua yang bekerja penuh waktu di kantor. Dengan bekerja, waktu yang dikeluarkan untuk mendidik anak akan jauh berkurang. Namun, bukan berarti anak kehilangan kesempatan untuk belajar. Dengan preschool, anak juga dapat belajar mengenai huruf, cara membaca dan juga menulis.

Banyak sekali preschool yang terdapat di Indonesia, khususnya di Jakarta. Oleh karena itu, orangtua harus cermat dalam memilih preschool untuk anaknya. Tidak semua preschool sama. Ada preschool yang lebih fokus dalam akademik, ada juga preschool yang lebih mengutamakan moralitas dan nilai afektif anak.

Orangtua cerdas adalah orangtua yang dapat memilih apa yang terbaik bagi anaknya. Orangtua cerda adalah orangtua yang tahu apa yang sangat dibutuhkan oleh anaknya. Orangtua yang cerdas adalah orangtua yang memiliki anak yang cerdas.

 

by Marcella Metta Puspita