kesehatan buruk pada remaja

Aktivitas dunia malam kini di dominasi para anak muda seperti nongkrong, karaoke dan clubbing hingga larut malam sudah menjadi gaya hidup para anak muda jaman sekarang. bagaimana kondisi kesehatan anak muda di masa yang akan datang dengan gaya hidup yang kian marak ini?

Dr. Juzni alkatiri Sp.PD, Sp.JP mengatakan bahwa aktivitas para anak muda yang buruk seperti merokok, alkoholic, sering pergi ke club dan pulang larut malam akan menaikkan resiko terkena penyakit organ dalam khususnya jantung diusia muda (kurang dari empat puluh tahun). Hal ini dipicu dari zat-zat yang merusak kesehatan di dalam rokok, alkohol dan jam tidur yang tidak teratur. Beliau menambahkan anak muda jaman sekarang mengganggap bahwa rokok, alkohol, nongkrong hingga pagi dan pergi clubbing merupakan hal yang dianggap keren dan juga dipercaya bisa melepaskan stres yang mereka hadapi.

Beliau mengatakan zat karbon monoksida dalam rikok dapat menggeser kadar oksigen dalam darah dan udara menjadi berkurang drastis sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang akan terjadi pada saluran peranakan, ginjal, jantung dan otak. Tidak hanya itu aktivitas dunia malam juga tidak lepas dari Minum-minuman keras menyebabkan kerusakan syaraf, kanker hati dan mengganggu sistem kekebalan dalam tubuh.

Beliau juga mengatakan bahwa pukul 23.00 sampai 05.00 adalah waktu yang terbaik untuk beristirahat karena tubu melakukan de toxin atau pembuangan racun-racun yang tidak berguna di dalam tubuh di bagian paru-paru, hati & usus. Dokter juzni juga berbagi pengalaman telah beberapa kali menangani kasus penyakit jantung yang terjadi di usia muda.

Untuk itu beliau yang pernah menjadi konsultan kesehatan jantung di kota Makassar ini memberikan himbauan kepada para anak muda di zaman sekarang agar bisa menjaga pola hidup yang sehat, tidak merokok, menjauhi alkohol, cukup beristirahat, menjaga siklus jam tidur yang baik untuk de toxin dalam tubuh, makan makanan yang sehat dan rutin berolahraga. Hal ini perlu dilakukan tidak hanya untuk jantung yang sehat tetapi untuk kehidupan dimasa mendatang yang lebih baik lagi. Alangkah baiknya kita bisa menjaga kesehatan untuk masa yang akan datang.

 

by Yordis Victory

 

Keywords:

  • remaja clubbing
  • dr juzni sp jp