Radang atau inflamasi adalah satu dari respon utama sistem kekebalan terhadap infeksi dan iritasi. Peradangan sebenarnya adalah gejala yang menguntungkan dan pertahanan, hasilnya adalah netralisasi dan pembuangan agen-agen penyerang, penghancur jaringan nekrosis, dan pembentukan keadaan yang dibutuhkan untuk perbaikan dan pemulihan. Respon peradangan dapat dikenali dari rasa sakit, kulit lebam, demam dll, yang disebabkan karena terjadi perubahan pada pembuluh darah di area infeksi. Hal ini sangat mengganggu sekali tentunya terutama ketika anda sedang beraktifitas seharian.

Berikut saya anjurkan 10 cara untuk mencegah radang :

1. Konsumsi protein setiap makan

Kebanyakan orang mengkonsumsi protein saat makan malam, padahal dengan mengkonsumsi protein saat pagi, siang dan malam hari membantu hati menyingkirkan bahan kimiawi yang terkandung dalam darah. Perbanyak konsumsi protein seperti ayam, ikan, daging sapi dan telur.

protein

2. Minumlah teh hijau

Teh hijau mengandung antioxi dan yang mencegah radikal bebas dan membantu tubuh mengeluarkan racun-racun dengan sendirinya. Seduhlah teh hijau 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

teh hijau

 

3. Yoga

Olahraga memang baik untuk tubuh, tapi dengan olahraga yang berlebihan seringkali memicu meningkatnya resiko peradangan. Dengan mengkombinasi olahraga yang keras dengan beberapa gerakan yoga, akan membantu mencegah rasa sakit setelah olahraga dan melemaskan otot-otot.

yoga

4. Perhatikan saat memasak daging

Saat memasak daging-dagingan atau masakan ikan, perhatikan suhu saat memasak, karena suhu dengan suhu yang terlalu tinggi, masakan akan mengandung zat-zat yang menurut para ahli, akan memicu timbulnya kanker. Tetapkanlah suhu dibawah 300 derajat untuk mengurangi timbulnya zat tersebut.

memasak

 

5. Kurangi pemakaian gadget

Jaman sekarang sulit sekali rasanya berkomunikasi tanpa gadget, tetapi dengan membawanya kedalam kamar hanya mengundang peradangan kepada diri anda. Sinar dari layarnya memicu anda untuk terus terbangun di malam hari. Dengan kurangnya tidur, ini akan memicu peradangan dalam tubuh anda.

gadget

 

6. Kurangi minuman dengan pemanis buatan

Orang-orang yang mengkonsumsi minuman dengan gula jagung dan pemanis buatan mempuyai resiko lebih besar dalam tubuh yang meningkatkan insulin dalam tubuh dan mengundang peradangan.

minuman

 

7. Konsumsi air mineral

Dengan mengkonsumsi air mineral yang cukup, akan menigkatkan metabolisme tubuh anda yang lebih baik. Kurangi mengonsumsi air keran karena mengandung zat-zat yang memicu radang. Minumlah air mineral yang sudah disaring dengan benar itu memastikan anda benar-benar mengonsumsi air bersih.

air mineral

 

8. Konsumsi karbohidrat dari buah dan sayuran

Jika anda berfikir untuk mengkonsumsi karbohidrat dari gula yang berlebih, itu adalah kesalahan besar. Mereka bisa mengakibatkan tidak berfungsinya system metabolisme, yang akan memicu dengan peradangan. Konsumsilah karbohidrat dari sayuran, buah-buahan dan gandum. Selain mengandung kadar gula yang baik dan cukup untuk tubuh, mereka mengandung sumber antioksi dan terbaik.

konsumsi karbohidrat

9. Jangan mengkonsumsi apa yang anda tidak mengerti

Periksalah label makanan yang anda konsumsi, perhatikan zat yang terkandung didalamnya, terkadang zat-zat tersebut memicu peradangan dalam diri anda. Kurangilah makanan dan minuman yang mengandung pewarna.

konsumsi zat zat

 

10. Konsumsi lemak yang tepat.

Lemak sangat dibutuhkan dalam tubuh anda. Tapi pintar-pintarlah mengonsumsi lemak yang anda makan. Lemak jahat yang terkandung dalam makanan yang digoreng dan makanan-makanan ringan, gampang sekali memicu terjadinya peradangan. Kurangilah mengonsumsi makanan-makanan tersebut dan gantilah dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti alpukat, kacang-kacangan, zaitun, ikan air tawar dan kelapa. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, akan mengurangi resiko peradangan dalam tubuh anda.

konsumsi lemak tepat

 

by Allysha Atmadireja