khasiat lemon

Apakah anda tahu orang Mesir kuno percaya bahwa makan lemon dan minum jus lemon adalah perlindungan yang efektif terhadap berbagai racun, dan bahwa penelitian baru-baru ini telah mengkonfirmasi keyakinan ini? Ada banyak manfaat kesehatan dari lemon yang telah dikenal selama berabad-abad. Yang telah banyak diketahui adalah lemon ‘yang kuat antibakteri, antivirus, dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta penggunaannya sebagai alat bantu penurunan berat badan karena jus lemon adalah sebuah bantuan pencernaan dan pembersih hati. Lemon mengandung banyak zat – asam sitrat terutama, kalsium, magnesium, vitamin C, bioflavonoid, pektin, dan limonene – yang mempromosikan kekebalan dan melawan infeksi. Ini adalah fakta kesehatan terkenal tentang lemon.

Ternyata ada jauh lebih banyak manfaat untuk buah kuning kecil ini. Berikut adalah 7 manfaat yang menurut saya belum terlalu dikenal. Hal ini dapat anda gunakan dalam bentuk jus, teh, minuman, hiasan, ataupun obat yang berasal dari bahan alami lemon.

1. Menyembuhkan Jerawat

Lemon mengandung asam sitrat, yang dapat efektif dalam mengobati jerawat. Vitamin C ditemukan dalam buah jeruk sangat penting untuk kulit bersinar sehat, sementara sifat alkali yang membunuh beberapa jenis bakteri diketahui menyebabkan jerawat. Selain minum jus lemon dengan air hal pertama di pagi hari, berikut adalah beberapa saran tentang bagaimana mempersiapkan perawatan jerawat buatan sendiri menggunakan lemon:

· Dengan jari atau bola kapas, oleskan jus lemon segar pada jerawat dan biarkan semalam. Cuci dengan air keesokan harinya. Mungkin ada sensasi tidak nyaman terbakar pada awalnya, tetapi akan segera hilang.

· Campur satu bagian perasan lemon segar dengan bagian yang sama dari mawar atau madu air. Masukkan adonan pada daerah yang berjerawat untuk setidaknya setengah jam. Cuci setelah itu dengan air. Hal ini harus diulang dua kali sehari, idealnya di pagi dan malam hari.

2. Mengurangi Kecemasan

Penelitian telah menunjukkan bahwa lemon memiliki efek menenangkan dan karena itu mungkin dapat membantu menghilangkan kelelahan, pusing, gelisah, gugup, dan ketegangan. Hal ini juga dipercaya bahwa menghirup minyak lemon membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan. Oleh karena itu dapat digunakan sebagai penyegar ruangan di kantor untuk meningkatkan efisiensi karyawan. Jika Anda merasa tegang taburi beberapa tetes minyak esensial lemon pada saputangan untuk dihirup.

3. Sembuhkan Demam

Menggigil dan demam mungkin diakibatkan beberapa hal, namun lemon selalu dapat membantu. Berikut adalah metode yang dapat meringankan gejala Tambahkan 1 jus lemon ke secangkir air panas dengan madu dan minum sekaligus, kemudian setiap 2 jam sampai demam atau dingin reda.

4. Menghilangkan Eksim

Jika Anda menderita infeksi kulit seperti eksim, kulit lemon dapat menawarkan bantuan. Tambahkan 8 tetes minyak esensial lemon ke 1 gelas (250 ml) air hangat dan 1 sendok makan (15ml) madu cair. Madu juga memiliki efek anti-inflamasi dan memperkuat kekuatan penyembuhan dari lemon. Rendam kain linen dalam cairan, peraslah dengan kencang, dan dengan lembut menempatkan kain pada daerah yang terkena selama 15 menit, 2 sampai 3 kali sehari. Tidak hanya akan mempermudah infeksi, itu akan melawan dorongan yang sangat kuat untuk menggaruk.

5. Melawan Kelelahan

Pejalan kaki jarak jauh, wisatawan dunia, dan penjelajah memandang lemon sebagai anugerah. Ketika kelelahan, mereka menyedot buah lemon dengan cara menusuk bagian atas buah dengan sedotan, agar dapat penyegaran yang lebih cepat dan mudah.

6. Sembuhkan Insomnia

Beberapa studi telah menemukan bahwa air lemon dikombinasikan dengan herbal yang menenangkan lainnya (seperti valerian, hop, dan chamomile) membantu mengurangi kecemasan dan dapat membuat tidur.

7. Menyehatkan Perut

Minum jus dari 1 jeruk lemon segar dalam segelas air hangat setelah makan. Asam lemon akan merangsang produksi asam lambung dan aktivitas otot perut.

 

Artikel oleh Bernadette Larasati