Bagi kalian yang baru saja mendalami dunia sebagai penggemar serial televisi tentu terkadang terbingung-bingung saat melihat beberapa kata di suatu website saat kalian mencari tahu informasi tentang serial favorit kalian. Seperti hiatus misalnya, apa itu artinya? Jangan khawatir artikel ini kami buat khusus untuk anda. Berikut kata-kata yang tidak begitu familiar untuk kalangan publik yang biasa digunakan oleh network dalam menginformasikan serial mereka.

Pilot: Episode perdana suatu serial.

Hiatus: Momen dimana suatu serial “break” atau rehat dari produksi.

hiatus

Season finale: Episode terakhir season suatu serial.

Series finale: Episode terakhir yang menjadi penutup suatu serial (pengakhir serial).

Mid season finale: Episode final pertengahan musim

Daytime: Waktu acara TV dari 10 am – 4 pm. Biasanya acara yang mengisi daytime seperti soap opera atau talk show seperti The Ellen Show (CBS).

Primetime: Time slot acara TV dari jam 8 pm – 10 pm. Acara yang memenuhi slot ini biasanya serial TV pada umumnya.

Spin off: Serial sampingan dari suatu serial. Tujuannya untuk menambah persepsi dan background story dari serial originalnya.
Contoh:Ravenswood dari Pretty Little Liars (ABC Family), The Originals dari Vampire Diaries (The CW), dan Better Call Saul dari Breaking Bad (AMC).

cindy

Bottle Episode: episode yang di produksi tanpa persiapan khusus (spesial efek dan properti), dan biasanya yang terlihat hanya pemain-pemain utamanya saja terlibat dalam dialog dengan pergantian set yang minim.
Contoh: (Breaking Bad 3×10 Fly)

Mockumentary: Dari pergabungan kata mock dan documentary adalah tipe televisi atau film dimana kejadian kejadian fiksi digarap dengan gaya dokumentasi untuk menciptakan parodi. Contoh: Parks and Recreation (NBC), Modern Family (ABC), Malam Minggu Miko (Kompas TV), dan Keluarga Kusuma (Metro TV).

modern family

Renewed: Suatu serial dipastikan akan berlanjut ke season selanjutnya.

Cancelled: Suatu serial yang diberhentikan produksinya karena rendahnya angka rating dan viewer.

show cancel

Spoiler: Bocoran-bocoran informasi apa yang akan terjadi di episode atau season selanjutnya di suatu serial.

Procedural: Jenis suatu serial dimana main characternya sama tetapi plot berbeda untuk setiap episode. Jenis ini biasanya banyak diterapkan dalam serial crime drama. Contoh: Law & Order (NBC), Castle (ABC), House (FOX), dan CSI (CBS).

castle

Anthology: Jenis suatu serial dimana setiap plot, karakter, dan settingnya berbeda untuk setiap season. Biasanya tanpa penghubung cerita antara season/episode sebelum dan sesudahnya. Contoh: American Horror Story (FX) dan The Twilight Zone (CBS).

Revived series: Serial yang sudah di cancel tetapi karena beberapa alasan diputuskan untuk “dihidupkan” kembali. Bisa di revive tetap dalam bentuk serial atau dalam beberapa kasus menjadi komik dan/atau film. Contoh: Arrested Development, The Killing, Veronica Mars, dan Unforgettable.

Miniseries: Serial yang satu season hanya berisi 1 – 15 episode saja.
Contoh: American Horror Story (FX), Sherlock (BBC), dan Broadchurch (ITV).

Episode Order: Jumlah episode suatu serial yang di pesan oleh network yang menayangkan serial tersebut.

Semoga bermanfaat!

 

Artikel oleh Cindy Hapsari