cegah kanker lambung

Anda sering sakit maag? Atau mungkin sering mengalami perut kembung dan perih? Jangan anggap sepele. Bisa saja hal ini merupakan awal dari timbulnya kanker lambung. Kanker lambung adalah salah satu jenis kanker ganas yang bisa mematikan karena jika seseorang telah terjangkit kanker ini, maka kemungkinan untuk bertahan dan sembuh secara total sangat kecil. Ditambah lagi banyak orang baru terdeteksi terkena kanker lambung setelah sel kanker di dalam tubuhnya berkembang.

“Kanker lambung dapat timbul karena karena adanya maag yang berulang. Setiap kali seseorang terkena maag, maka akan terjadi iritasi pada lambungnya. Sehingga lama-kelamaan dapat menyebabkan perubahan pada sel lambungnya dan berubah menjadi ganas.” Ujar dokter kesehatan Tjiu Hamidi. Kanker lambung ini juga bisa diperkuat karena adanya kuman Helicobacter Pylori, satu-satunya kuman yang bisa hidup di lambung dan mengkristal di dalamnya. Selain itu, orang yang memiliki riwayat keturunan kanker lambung juga beresiko lebih besar terkena kanker dibandingkan dengan yang tidak.

Pada tahap awal seseorang mengidap kanker lambung, belum terdapat gejala-gejala yang berarti. Keluhannya sama seperti maag biasa. Perut terasa kembung, nyeri, sakit dan tidak nyaman. Lama-kelaman akan ada gejala tambahan, seperti penurunan berat badan sehingga menjadi sangat kurus, nafsu makan berkurang, feses berwarna hitam. Dan pada akhirnya jika sudah berada di tahap berat, maka perut akan membesar, feses akan disertai dengan darah dan muntah darah. Kanker ini juga dapat menyebar ke organ lainnya, seperti tulang dan hati dan tentunya dapat menghambat aktivitas dari organ-organ tersebut.

Kanker lambung hingga saat ini belum ditemukan obatnya. Obat-obat yang ada pada umumnya hanya digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan memperpanjang hidup. Kuman yang ada di dalam lambung akan semakin tumbuh dan berkembang. Maka dari itu, akan lebih baik untuk mencegahnya bukan? Nah, ada beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker lambung:

1. Pola makan yang teratur

Terkadang banyak sekali orang-orang yang menjalankan program diet hingga berlebihan. Perlu diingat, lambung harus diberikan asupan makanan secara teratur agar dapat bekerja dengan baik. Aturlah pola makan yang teratur. Jangan pernah lewatkan makan pagi, siang, dan malam.

 

2. Hindarilah stress

Stress yang tinggi akibat tekanan pekerjaan berpotensi mengganggu kerja lambung sehingga hormon di dalam tubuh kita dapat memproduksi asam lambung terus-menerus hingga berlebihan. Hal ini dapat menimbulkan sakit maag dan pada akhirnya bisa menimbulkan kanker lambung. Gunakanlah waktu tertentu untuk bersenang-senang. Jangan terlalu banyak pikir hingga menjadi stress.

 

3. Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Jangan sering mengkonsumsi jenis makanan yang berlemak, asam, dan pedas. Selain itu, kurangilah makan ketan, coklat, soda, mie, dan kopi. Apalagi bagi penderita maag. Karena makanan-makanan ini memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Makanlah makanan sehat dengan menu seimbang seperti karbohidrat, protein, serat dan kacang-kacangan.

 

4. Kunyah makanan hingga halus

Makanan harus dikunyah hingga hancur dan halus agar lambung bisa bekerja dengan baik. Jika makanan yang diterima oleh lambung tidak halus, maka kerja lambung akan semakin berat. Biasakanlah untuk mengunyah makan 25-30 kali sebelum ditelan.

 

5. Hindarilah obat-obatan anti sakit

Jangan sering minum obat anti sakit. Obat anti sakit bisa membuat lambung iritasi karena obat-obatan tersebut bersifat asam.

 

6. lakukan test kesehatan

Apabila merasa sakit atau tidak nyaman, segeralah ke dokter untuk melakukan test kesehatan. Karena jika masih di tahap-tahap awal, lebih cepat dapat diobati dan diambil tindakan yang tepat. Jangan sampai sudah menjadi kanker baru ke dokter. Jadi intinya cegahlah terlebih dahulu sebelum terjadi. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Tetap utamakan kesehatan. Karena kita tidak akan pernah tahu kapan penyakit dapat menyerang.

 

by Vivin 12011994