manfaat sarapan

manfaat sarapan

Manfaat sarapan pagi dapat meningkatkan kecerdasan anak. Selain dapat mencegah rasa lapar, sarapan pagi juga dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak saat di sekolah sehingga mempengaruhi kecerdasan anak. Makan dan minum dengan sesuatu yang bergizi sebelum jam 9 pagi bisa memenuhi 15-30 persen kebutuhan gizi anak. Tingginya persentase kebutuhan gizi yang terpenuhi dengan sarapan pagi maka dapat menunjukkan bahwa sarapan pagi secara rutin sangatlah penting. Jangan biarkan anak Anda melewatkan sarapan pagi demi kesehatan anak dan kecerdasan anak. Inilah manfaat sarapan pagi untuk anak:

1. Menguatkan tubuh

Anak-anak yang jarang sarapan pagi akan sangat rentan mengalami fisik lemah terutama bagi yang sudah bersekolah. Tidak melakukan sarapan pagi bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas dan daya konsentrasi menjadi menurun dikarenakan kosongnya perut. Efek lain yang bisa timbul yaitu berat badan yang tidak ideal dan cenderung tubuh menjadi kurus.

2. Sarapan pagi mampu meningkatkan daya konsentrasi

Karena energi yang dibutuhkan sudah tercukupi melalui sarapan pagi maka akan membuat daya konsentrasi menjadi lebih kuat. Daya konsentrasi yang baik akan membuat hasil pembelajaran menjadi optimal dan maksimal.

3. Menjaga kesehatan

Sarapan pagi yang bergizi akan mampu menjaga kekebalan tubuh tetap kuat sehingga tidak akan mudah terserang penyakit. Lemahnya imunitas tubuh bisa saja disebabkan karena pemenuhan gizi yang tidak terpenuhi dengan baik terutama ketika pagi hari.

4. Budaya hidup sehat

Dengan membiasakan sarapan pagi akan dapat melatih budaya hidup sehat terutama untuk si kecil. Kebiasaan baik ini diharapkan akan terus berkelanjutan hingga si kecil berusia dewasa dan akhirnya berkeluarga. Dengan kebiasaan sehat ini tentunya akan meminimalkan si kecil untuk
jajan sembarangan dikarenakan perut sudah merasa kenyang.

Alyssa Putri