nusa ceningan

Melepas kejenuhan dengan liburan adalah hal terbaik untuk dilakukan. Berlibur ke pantai menjadi salah satu main idea yang dituju banyak orang. Indonesia memiliki banyak pulau yang belum tereksplorasi ke indahannya. Seperti di pulau Bali, sebagian besar orang belum mengetahui bahwa selepas pulau Dewata terdapat pulau-pulau kecil yang menawarkan objek wisata menarik yaitu  Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Nusa Penida.

Objek wisata yang sekarang ini mulai banyak dituju wisatawan adalah Blue Lagoon Cliff Jumping, letaknya di Nusa Ceningan. Transportasi menuju Ceningan relative mudah. Memulai perjalanan dari Bandara Ngurah Rai dibutuhkan waktu sekitar 40 menit untuk mencapai Pantai Sanur. Dapat menggunakan jasa penyewaan mobil untuk sekali antar (berkisarRp 250.000). Kemudian dari Pantai Sanur, menyebrang selama 30 menit menggunakan speedboat ke Jungut Batu atau Mushroom Bay, Nusa Lembongan.Tarifnya mulai dariRp 60,000 – Rp 85,000/orang. Speedboat dari Pantai Sanur berangkat pada pagi hari, mulai dari jam 10 pagi sampai dengan jam tertentu sesuai operator speedboat yang digunakan.

Dari pantai Sanur, speedboat akan berlabuh di Jungut Batu atau Mushroom Bay yang posisinya berada di selatan Nusa Lembongan, membuat pantai Lembongan lebih dekat dengan Ceningan. Sayangnya, sulit sekali untuk mendapatkan penginapan di sekitar Desa Lembongan, lebih banyak tersedia penginapan di Jungut Batu yang lokasinya di bagian utara Nusa Lembongan dan lebih jauh dari Ceningan.

Blue lagoon2

 

Karena jarak yang menuju Nusa Ceningan lumayan jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki, sangat disarankan untuk menyewa motor. Banyak terdapat tempat penyewaan motor di Jungut Batu dengan tarif Rp 50.000/24 jam. Dibutuhkan waktu sekitar 30 menit mengendarai motor, dari Jungut Batu ke Ceningan Blue Lagoon Cliff Jumping ke arah selatan. Satu-satunya akses  “darat” untuk mencapai Nusa Ceningan, adalah melalui suspension bridge (jembatan gantung) berwarna kuning. Jembatan yang berdiri diatas Selat Ceninganinipun hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua dan pejalan kaki.

Pemandangan di sekitar Blue Lagoon Cliff Jumping tidak boleh dilewatkan, tebing-tebing curam yang memukau menjadi spot terbaik untuk menyaksikan sunset. Memasuki area Cliff Jumping, harus extra hati-hati. Namanya sudah Cliff, berarti kita berjalan diatas tebing yang lengah sedikit dapat membuat kita terjatuh. Waktu tepat untuk melakukan Cliff Jumping yaitu pada bulan Juni hingga September. Karena, pada bulan-bulan tersebut kondisinya cerah, ombak di sekitar  Blue Lagoon pun relative tenang.

Tinggi tebing yang menjadi area lompatan adalah 13 meter, terbayang untuk beberapa detik saat melompat jantung anda seperti berhenti sejenak. Rasakan air laut seakan menelan anda dan ombak tenang yang mengayunkan diri anda. Untuk kembali keatas disediakan dodgy ladder sebuah tangga yang tergantung dan anda harus memanjatnya sampai ke atas. Serangkaian perjalanan yang sudah ditempuh seakan lepas begitu saja. Memang hanya sebuat lompatan, tetapi rasa tantangan tersebut yang membuat diri terpacu untuk menyelesaikannya. Saat tantangan tersebut berhasil diselesaikan, hanya ada rasa tenang dan bangga pada diri kita sendiri.

by Gratia Kezia Mamesah