gejala kecanduan game online

gejala kecanduan game online

Internet memberi kesempatan kepasa setiap orang untuk berbicara dan didengarkan. Namun memudahkan orang mengekspresikan diri di Internet juga memunculkan kekhawatiran yang terkait dengan budaya dan politik di Negara tertentu.

Dampak buruk secara sosial, psikis, dan fisik dari kecanduan bermain game online dan cara penyembuhannya:

  • SECARA SOSIAL

Hubungan dengan teman, keluarga menjadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang. Pergaulan hanya di game online saja, sehingga membuat pecandu game nline jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata. Keterampilan sosial berkurang sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain. Memiliki perilaku yang menjadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online.

  • SECARA PSIKIS

Pikiran kita akan terus menerus memikirkan game yang sedang kita mainkan. Menjadi sulit konsentrasi terhadap studi, pekerjaan, sering bolos atau menghindar dari pekerjaan. Membuat diri menjadi cuek, acuh tak acuh, tidak peduli terhadap lingkungan sekitar kita. Melakukan apapun demi bermain game seperi berbohong, mencuri uang, dan lainnya yang mengandung sisi negatif. Terbiasa hanya berinteraksi satu arah dengan computer membuat diri menjadi tertutup dan sulit mengekspresikan diri di kehidupan nyata.

  • SECARA FISIK

Terkena paparan cahaya radiasi computer dapat merusak saraf mata dan otak kita. Kesehatan jantung dapat menurun akibat bergadang bermain game online 24 jam. Ginjal dan lambung juga akan mengalami kerusakan akibat duduk terlalu lama, merokok, tidak minum air yang banyak dan lupa makan karena terlalu fokus main game online. Berat badan juga bisa menurun karena lupa makan, atau bisa juga bertambah akibat banyak ngemil dan kurang berolahraga. Mudah lelah ketika melakukan aktivitas fisik, kesehatan tumbuh menurun akibat kurang berolahraga. yang paling parah dapat mengakibatkan kematian.
Cara penyembuhannya adalah:

1. Rancang kembali recana hidup/target hidup anda

Merancang kembali hidup/target hidup pada poin pertama, dikarenakan dengan mengetahui apa yang anda inginkan didunia termasuk cita-cita membuat anda mengingat kembali impian-impian anda yang ingin dicapai untuk sukses dimasa depan. Sehingga dengan merancang kembali target hidup anda, membuat anda menjadi berpikir kembali jika anda harus menghabiskan waktu anda untuk main game online yang terbuang sia-sia. Kebanyakan orang yang kecanduan dengan main game selalu lupa dengan apa yang ingin mereka lakukan.

2. Tanamkan niat dalam diri anda untuk mengatasi kecanduan game online

Niat untuk mengatasai kecanduan atau berhenti main game online memang sulit. Tetapi jika anda sudah membaca postingan ini maka anda sudah berniat untuk berhenti untuk main game online. Cepat atau lambatnya perubahan anda tergantung dari seberapa besar anda berkomitmen untu berhenti main game online.

3. Isi waktu luang anda dengan kegiatan yang bermanfaat

Biasanya orang yang bermain game karena mereka memiliki banyak waktu luang dalam kesehariannya. Game adalah salah satu pelarian untuk mengisi waktu yang senggang. Maka dari itu agar kemauan main game tidak selalu muncul maka baiknya anda mengisi waktu luang anda dengan kegiatan positif yang bermanfaat. Seperti: baca novel, majalah, koran, olahraga, dan lainnya.

4. Perubahan tidak serta merta

Perubahan yang tidak serta merta yang dimaksud adalah bisa langsung dihilangkan secara instan. Tentu saja harus bertahap seperti anda harus
mengurangi porsi waktu main game anda sedikit demi sedikit. Misalnya: jika anda dalam sehati main game sebanyak 3 jam, maka lakukan
pengurangan sedikit seperti mengurangi 30 menit saja. Jadi waktu anda bermain game tinggal 2 jam 30 menit. Lakukan 3-7 hari. Jika sudah
kurangi hingga menjadi 0 atau tidak ada.

5. Berdoa dan mendekatkan diri kepada Tuhan

Setelah anda merancang hidup anda, melakukan kegiatan anda, dan menanamkan niat yang komitmen banyak-banyaklah berdoa dan
mendekatkan diri kepada Tuhan agar pikiran selalu jernih untuk memikirkan hal positif di masa yang akan datang.

 

Artikel oleh Marisa Wijayanti

gambar: google

 

Keywords:

  • cara menghilangkan kecanduan game
  • cara menghilangkan kecanduan game online
  • cara mengatasi kecanduan game online
  • cara mengatasi kecanduan game
  • mengatasi kecanduan game online
  • berhenti main game
  • Cara menyembuhkan yang ketagihan main game
  • cara mengatasi kecanduan
  • cara mengatasi berhenti main game
  • berhenti main gamr wiki how