Sun-hat

Sinar matahari sesungguhnya baik untuk kesehatan, namun apabila berlebihan akan menyebabkan banyak masalah bagi kulit. Indonesia merupakan salah satu negara paling terik dan memproduksi sinar UVA lebih besar dibanding negara-negara lainnya. UVA dan UVB yang berlebihan dapat memberi efek negatif bagi kulit.

Umumnya  orang-orang melakukan aktivitas di luar ruangan mulai pukul 10 hingga pukul 2 siang. Perlu anda ketahui, bahwa sinar matahari pada rentan waktu tersebut berbahaya bagi kulit. Masalah biasa yang akan timbul adalah kulit menjadi kusam dan warna kulit tidak merata.

Kondisi kulit seperti ini dapat kembali seperti semula dalam satu periode. Kulit akan melakukan regenerasi setiap 28 hari dan dalam jangka waktu tersebut kulit tidak boleh terkena sinar matahari yang berlebihan untuk mempercepat prosesnya. Akan sangat sulit bagi anda untuk tidak terkena sinar matahari, karena aktifitas yang harus dilakukan di luar ruangan.

Tenang saja, ada banyak bahan alami yang bisa membantu mempercepat proses regenerasi kulit anda. Inilah bahan-bahan alami yang akan mudah anda dapatkan untuk mempercepat prosesnya;

  1. Susu atau Yoghurt

Susu mengandung lemak yang dapat melembabkan kulit kering akibat sinar matahari. Caranya sederhana, rendam kain atau handuk pada susu yang telah didinginkan di lemari es, lalu kompreslah di area kulit yang bermasalah. Selain itu, anda juga bisa menggunakan yoghurt alami yang telah didinginkan,dan dioleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

  1. Lemon

Lemon mengandung banyak vitamin C yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Oleskan air perasan lemon pada wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan selama 30menit, lalu bilas.

  1. Pepaya

Pepaya mengandung bahan alami yang dapat mencerahkan kulit tanpa efek samping, dan mencegah kerutan. Parutlah daging buah pepaya, dan oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 20 menit, dan bilas.

  1. Aloe Vera atau Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang efektif mendinginkan kulit yang terbakar matahari. Anda dapat langsung memasukan lidah buaya ke dalam lemari es, setelah itu potong-potong dan oleskan pada kulit yang bermasalah.

  1. Madu

Madu berkhasiat untuk mengurangi peradangan kulit yang disebabkan sinar matahari. Peradangan yang biasanya terjadi adalah kulit memerah dan terasa nyeri. Anda cukup mengoleskan madu murni pada bagian kulit yang mengalami peradangan.

  1. Vitamin

Asupan antioksidan akan membantu menyelamatkan kulitmu dari dalam. Mengkonsumsi vit C, vit E, Beta Karotin akan membantu mempercepat produksiantioksidan dan menangkal radikal bebas sinar ultraviolet.

Dengan melakukan perawatan pada kulit secara teratur, masalah kulit pasti akan teratasi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air mineral, karena air merupakan komponen terpenting untuk menjaga kelembaban kulit. Selamat mencoba!

by Ayu A.A Simbolon