vine

vine

Di era yang serba instan ini, social media merupakan suatu wadah yang paling digemari untuk menyalurkan ekspresi dan kreativitas. Social media pun menyediakan fasilitas untuk merekam video yang dapat di tonton oleh khalayak ramai. Mulai dari yang berdurasi panjang seperti Youtube sampai durasi pendek yaitu 15 detik seperti Instagram. Namun, bagaimanakah rasanya bila kita ditantang untuk membuat video yang hanya berdurasi 6 detik saja? Menarik bukan?

Yup! Beberapa waktu lalu, mucul sebuah aplikasi bernama Vine Vine sebagai aplikasi sharing-video dari twitter dimana anda hanya boleh membagikan video hanya dalam waktu 6 detik saja. Dengan kata lain, Aplikasi ini merupakan sebuah Twitter untuk video. Mulai dari video tentang edukasi sampai komedi yang membuat gelak tawa para penontonnya. Nah yang membuat Vine menjadi menarik dan menantang para viners adalah mereka harus bisa membuat penonton mengerti terhadap video yang mereka buat dengan alur cerita yang sekreatif mungkin dalam waktu yang singkat yaitu 6 detik saja.

Sementara bila di aplikasi lain seperti instagram, kita dapat kesempatan untuk membuat video yang lebih panjang sehingga cerita kita lebih mudah dicerna oleh penonton. Selain itu, beberapa orang beranggapan karena aplikasi ini masih jarang digunakan oleh masyarakat umum, maka mereka merasa lebih eksklusif atau pasaran dengan aplikasi sharing-video lainnya.

Komunitas Vine di Indonesia pun sudah tergolong banyak. Karena di Indonesia sendiri sudah mempunyai beberapa komunitas Vine yang anggotanya bisa sampai puluhan orang seperti VINDO dan VINE INDONESIA. Beberapa viners diantaranya yang sudah tenar adalah Duo Harbatah, KarBoen, Nasrullah Taufik, Marlo Ernesto, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, membagikan video lewat aplikasi ini belum se popular di instagram. Karena aplikasi ini hanya bisa di nikmati oleh pengguna IOS dan Android saja. Al hasil, hanya beberapa golongan masyarakat di Indonesia saja yang mengetahui tentang hal ini.

Jadi, selamat mencoba!

-Maulida de Mormes-

 

 

image: mashable