bahan alami untuk rambut sehat

bahan alami untuk rambut sehat

Tidak diragukan lagi, semua wanita pasti ingin memiliki rambut yang sehat berkilau dan terhindar dari ketombe maupun kerontokan. Namun bagaimana jika anda merasa ragu dengan menggunakan produk – produk yang mengandung banyak bahan kimia? Tenang saja, bahan – bahan alami yang ada di sekitar kita ternyata memiliki berbagai manfaat untuk rambut kita lho, bahkan bahan – bahan ini sudah sering digunakan oleh wanita – wanita Indonesia sejak dulu. Jadi mengapa mereka dikenal dengan rambutnya yang hitam lebat dan berkilau.

Mungkin nama lidah buaya, minyak kelapa, dan sebagainya sudah umum digunakan oleh kita, tapi tahukah anda bahwa masih banyak bahan alami lain yang bisa kita manfaatkan? Inilah bahan unik alaminya:

 

1. Biji Kacang Hijau

kacang hijau

kacang hijau

Kacang hijau yang kaya akan vitamin zinc bisa dijadikan salah satu solusi jika rambut anda sedang mengalami kerontokan. Terutama jika penyebab utamanya berasal dari efek bahan kimia yang terkandung di dalam produk kecantikan atau pun dari penggunaan hair dryer dan teman – temannya yang anda gunakan setiap hari dengan tingkat kepanasan yang tinggi. Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan mengambil segenggam kacang hijau dan segelas air, kemudian rebuslah hingga air meresap dan tersisa separuhnya. Setelah itu letakkan kacang hijau di mangkuk dan embunkan dengan menaruhnya di luar semalaman sampai terkena embun sehingga paginya anda dapat mengoleskan air kacang hijau ke kulit kepala anda dan diamkan selama 30 menit dengan dipijat perlahan untuk merangsang pertumbuhan rambut kemudian di bilas hingga bersih.

 

2. Kulit pepaya

pepaya

pepaya

Tahap pertama yang dilakukan adalah dengan mengambil segenggam kacang hijau dan Mungkin tidak semua orang menyukai buah pepaya karena baunya yang kurang sedap, tapi tahukah anda bahwa kulit pepaya mengandung zat yang sangat berguna untuk kesehatan rambut? Kandungan natural enzyme yang terdapat di dalam kulit pepaya akan memberikan berbagai manfaat untuk anda, seperti mengkilaukan dan menstimulasi pertumbuhan rambut anda yang sedang mengalami fase kerontokan. Caranya pun mudah, hanya dengan kulit pepaya yang di potong menjadi ukuran sedang. Setelah itu di usapkan ke kulit kepala dan rambut secara merata, kemudian diamkan untuk 15 menit dan cuci rambut anda dengan shampoo hingga bersih.

 

3. Daun Kangkung

daun singkong

daun kangkung

Rambut yang kering dan kusam pasti menyebabkan anda menjadi kurang percaya diri, apalagi dengan rambut yang mudah kusut ketika anda sedang beraktifitas di luar bersama kerabat maupun keluarga. Daun kangkung mungkin terdengar asing di telinga anda karena sebagian wanita menggunakan daun seledri untuk merawat rambutnya, tetapi daun kangkung yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh anda dapat dijadikan solusi untuk memperindah rambut anda karena zat mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya.

Daun kangkung dapat dimanfaatkan dengan di iris halus begitu juga dengan tangkainya. Kemudian ditumbuk kasar dan tuangkan air setengah gelas, setelah itu saring ke dalam botol untuk menyimpan sari air dari daun kangkung tersebut. Air yang di hasilkan dari kangkung digunakan setelah anda keramas dengan shampo. Caranya sama seperti ketika mengaplikasikan conditioner ke rambut anda, jangan lupa untuk meremas rambut dan memijat kulit kepala anda ketika mengusapkannya. Bilas dengan air hingga bersih dan nikmati rambut yang halus, bercahaya dan mudah disisir.

 

 

Artikel oleh: Amanda Felicia – London School of Public Relations